PSBS Biak, Sang Penerus Marwah Papua di Persepakbolaan Papan Atas Indonesia

PSBS Biak, Sang Penerus Marwah Papua di Persepakbolaan Papan Atas Indonesia
info gambar utama

PSBS Biak tampil sebagai penerus mawah Papua di kancah sepak bola Indonesia. Mereka berhasil merebut tiket promosi ke Liga 1 yang merupakan kompetisi kasta tertinggi Tanah Air.

Saat ini, PSBS bermain di Liga 2, kompetisi kasta kedua di sepak bola Indonesia. Pada musim 2023-2024 ini, mereka memastikan promosi lewat jalur final.

PSBS meraih kemenangan atas Persiraja Banda Aceh dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga 2 2023-2024. Bermain di Stadion Cenderawasih, Kamis (29/2/2024), PSBS menang telak dengan skor 4-0.

Hasil itu membuat PSBS lolos ke final Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1. Seperti diketahui, ada tiga tim yang berhak promosi. Dua tim adalah yang lolos ke final, lalu satu lagi yakni tim pemenang play-off.

Sempat Tertunda, Hilal Penggunaan VAR di Liga 1 Semakin Terlihat

Penerus Marwah Papua

PSBS bukanlah anak baru di sepak bola Indonesia. Klub asal Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua ini sudah berdiri sejak 1968.

Meski sudah lama eksis, nama PSBS mungkin tak tergolong beken bagi publik Indonesia. Maklum saja, klub berjuluk Badai Pasifik ini memang lebih banyak berkutat di level bawah.

Pada era sebelum Liga 1, 2, dan 3 diperkenalkan, PSBS pernah juara Divisi I Liga Indonesia 2010. Untuk diketahui, Divisi I setara dengan Liga 3 pada masa kini.

Setelahnya, PSBS bermain di Divisi Utama yang merupakan kompetisi kasta kedua pada saat itu. Hingga masuknya era kompetisi dengan nama baru, PSBS tetap bertahan hingga kini bermain di Liga 2.

PSBS musim ini adalah tim dengan nuansa Persipura Jayapura yang kental. Banyak pemain PSBS adalah mantan penggawa Persipura, di antaranya adalah Alberto Goncalves, Yohanis Nabar, Nelsom Alom, serta Muhammad Tahir.

PSBS musim ini bisa dibilang termasuk salah satu kontestan Liga 2 yang persiapannya paling matang. Mereka berhasil menggaet banyak sponsor untuk menopang kebutuhan tim.

Dengan sponsor-sponsor tersebut, PSBS pun mampu mendatangkan pemain-pemain berkualitas, bahkan banyak pula pemain yang merupakan jebolan Liga 1, bahkan Timnas Indonesia.

PSBS juga bisa dibilang adalah penerus marwah Papua di sepak bola Indonesia level tertinggi. Mereka akan menghadirkan kembali wakil Papua di Liga 1.

Sebelumnya, tim yang dianggap paling mewakili Papua di kasta tertinggi adalah Persipura. Namun, klub tersebut terdegradasi pada musim 2021-2022. Praktis, saat ini tidak ada tim asal Papua di Liga 1.

Satoru Mochizuki, Pelatih Baru Timnas Putri Indonesia yang Pernah Jadi Juara Piala Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini