Malaysia di Puncak Daftar Pencakar Langit Terbanyak di Kawasan, Indonesia di Posisi Mana?

Malaysia di Puncak Daftar Pencakar Langit Terbanyak di Kawasan, Indonesia di Posisi Mana?
info gambar utama

Malaysia telah meraih prestasi luar biasa dengan memiliki gedung pencakar langit tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2024, menduduki peringkat kedua di seluruh Asia dan mencapai peringkat keempat di tingkat global. Data terbaru dari skyscrapercenter.com pada Februari 2024 menunjukkan lonjakan signifikan ini, mengingat Malaysia sebelumnya menempati peringkat keenam di dunia pada tahun 2023.

Dari total 366 bangunan yang dimilikinya, Malaysia memimpin dengan 293 bangunan yang memiliki tinggi lebih dari 150 meter, 67 bangunan dengan ketinggian melebihi 200 meter, dan 6 bangunan yang mencapai ketinggian lebih dari 300 meter. Secara kategoris (150m+, 200m+, dan 300m+), Malaysia juga mendominasi di setiap kategori tersebut.

Menyusul Malaysia, ada Indonesia menduduki peringkat kesembilan secara global dan kedua di kawasan dengan 188 bangunan. Thailand, di sisi lain, menempati posisi ketiga di kawasan dan peringkat kesepuluh di dunia, dengan total 163 bangunan.

Jika dilihat berdasarkan kota, Kuala Lumpur (KL) menjadi yang paling memiliki gedung pencakar langit di Asia Tenggara dengan total 241 bangunan setinggi lebih dari 150 meter. Jakarta mengikuti dengan 165 bangunan, diikuti oleh Bangkok dengan 142 bangunan setinggi lebih dari 150 meter. Malaysia juga memimpin dalam ketiga kategori (150m+, 200m+, dan 300m+) dalam hal jumlah total bangunan pencakar langit.

Dari 35 kota yang berada dalam daftar, Malaysia mencatatkan kehadiran yang kuat dengan 10 kota masuk dalam daftar. Di sisi lain, Indonesia hanya memiliki satu kota selain Jakarta yang masuk dalam daftar tersebut, yaitu Surabaya, dengan total 12 bangunan dari semua kategori.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diandra Paramitha lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diandra Paramitha.

Terima kasih telah membaca sampai di sini