Ramadan Tiba, Jangan Lupa Ikut Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal

Ramadan Tiba, Jangan Lupa Ikut Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal
info gambar utama

Masjid Istiqlal menyiapkan buka puasa bersama bagi segenap umat Islam saat bulan Ramadan. Tertarik ikut?

Masjid Istiqlal telah menyiapkan berbagai kegiatan selama Ramadan. Salah satunya adalah buka puasa bersama.

Nantinya, pengurus Masjid Istiqlal akan menyiapkan takjil gratis bagi pengunjung. Jumlahnya pun terbilang banyak, mencapai ribuan porsi. Hanya saja perly diingat, jumlah takjil yang tersedia tak selalu sama setiap harinya.

"Untuk yang berbuka bersama ini, kita sudah putuskan hari Senin sampai dengan hari Kamis kita menyediakan takjil 4000 boks nasi. Untuk hari Jumat, Sabtu, dan Minggu itu setiap hari kita siapkan 6000 karena pengubjung lebih banyak pada akhir pekan," ujar Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Dr. Ismail Chawidu, kepada GNFI.

Buka puasa bersama di Masjid Istiqlal sebetulnya bukan hal baru. Dari tahun ke tahun, kegiatan tersebut rutin diselenggarakan oleh pengurus masjid.

Buka bersama di Istiqlal sempat terhenti pada 2020 dan 2020 akibat merebaknya pandemi Covid-19. Lalu pada 2022, kegiatan tersebut mulai diselenggarakan lagi.

Dengan lokasinya yang berada di pusat Kota Jakarta, kegiatan buka puasa bersama ini dapat dimanfaatkan siapapun, khususnya para pekerja ibu kota yang harus berbuka puasa di tengah perjalanan pulang.

Kawan GNFI yang memang berniat ingin merasakan asyiknya buka puasa bersama di Masjid Istiqlal juga tidak perlu khawatir soal transportasi menuju ke sana. Sebab, ada kereta Commuter Line dan bus Transjakarta yang bisa diakses di dekat masjid dan tersedia hingga larut malam.

Kawan GNFI tertarik ikut buka puasa bersama di Masjid Istiqlal? Tentu saja boleh karena kegiatan ini terbuka untuk umum. Kawan GNFI tinggal datang sebelum waktu maghrib tiba. Namun, jangan sampai telat agar tak kehabisan takjil!

Makna Arsitektur Masjid Istiqlal: Titik Temu Simbol Keagamaan dengan Kebangsaan

Beragam Kegiatan

Perlu diketahui juga, masih ada banyak lagi kegiatan Ramadan di Masjid di samping buka puasa bersama. Pengurus merencanakan sekitar 22 program untuk dilaksanakan selama Ramadan.

"Program lain misalnya Istiqlal bertarawih, kemudian salat malam, lalu tadarusan, itikaf, ada lagi program berzakat, pelayanan anak yatim, pesantren kilat. Ada 22 program yang kami kerjakan selama Ramadan." kata Ismail,

Makan sahur pun bisa dilakukan di Masjid Istiqlal. Panitia menyediakan makanannya, namun hanya pada 10 hari terakhir. Dengan kata lain, Kawan GNFI yang berminat santap sahur bersama dapat turut mengikuti kegiatan itikaf.

"Untuk 10 malam terakhir, untuk sahur kita siapkan 2500 (porsi)," pungkas Ismail.

Inilah 3 Fakta Sejarah Pembangunan Masjid Termegah se-Asia Tenggara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini