Pemilik Usaha di Oakland Menolak Membayar Pajak

Ahmad Cholis Hamzah

Seorang mantan staf ahli bidang ekonomi kedutaan yang kini mengajar sebagai dosen dan aktif menjadi kolumnis di beberapa media nasional.

Pemilik Usaha di Oakland Menolak Membayar Pajak
info gambar utama

Di Amerika Serikat, warganya harus membayar berbagai macam pajak kepada pemerintah. Sebaliknya nanti uang pajak dari rakyat itu akan dikembalikan dalam bentuk pembangunan atau pelayanan kepada masyarakat. Namun sering terjadi rakyat Amerika Serikat berani menolak membayar pajak bila pemerintah abai dalam memberikan pelayanan kepada publik. Hal ini salah satunya terjadi di Oakland, California.

Beberapa pemilik usaha kecil yang telah menjadi sasaran pencuri beberapa kali mengatakan mereka muak dengan kurangnya layanan kota di Oakland, dan mereka mengancam untuk tidak membayar pajak sampai Oakland menyediakan lebih banyak patroli polisi dan jalan-jalan yang aman dan bersih.

“Kami takut akan hidup kami. Sekarang, Distrik Dimond tidak sama dengan tahun-tahun saya bekerja," kata Manajer Cybelle's Pizza di Distrik Dimond, Nestor Sanchez.

Cybelle's Pizza tempat Sanchez bekerja sempat menjadi sasaran aksi kriminalitas. Video CCTV menunjukkan adanya seorang pria yang berusaha mengambil mesin kasir. Sanchez melawan balik dengan mengeluarkan palu.

Sanchez mengatakan pada bulan Januari, restoran itu dibobol dua kali, dan dirampok dua kali. "Kami benar-benar berjuang. Penjualan turun 20 persen," kata Sanchez.

Beberapa pemilik bisnis di Oakland yang frustrasi menyatakan bahwa mereka akan berhenti membayar pajak sampai kota mulai memberi mereka lingkungan yang lebih aman untuk beroperasi. Mereka mengajak lebih banyak pemilik usaha kecil untuk bergabung dengan mereka dan memaksa kota untuk memberikan lebih banyak patroli dan perlindungan polisi.

Di Amerika Serikat ada seruan yang terkenal dari Perang Kemerdekaan Amerika, yaitu “No Taxation Without Representation” atau “Tolak bayar pajak tanpa perwakilan rakyat." Selama revolusi berlangsung, pendukung kemerdekaan Amerika Serikat memprotes kenyataan bahwa ke-13 koloni harus membayar pajak ke penjajah Inggris di London, tetapi mereka tidak memiliki perwakilan di Parlemen. Intinya rakyat bisa menolak membayar pajak apabila mereka tidak dilibatkan dalam kebijakan pemerintah. Dalam contoh di Oakland itu rakyat menolak membayar pajak apabila kebijakan pemerintah untuk rakyat tidak dilaksanakan oleh pemerintah.

Kita di Indonesia, sering melihat video yang viral dari negeri Paman Sam ini di mana ratusan orang menjarah toko-toko di beberapa negara bagian, bahkan toko-toko yang menjual barang branded yang mewah juga dijarah. Kita juga menyaksikan video yang menggambarkan banyaknya gelandangan yang tidak memiliki rumah seperti yang terlihat di San Franscisco, Los Angeles, dan kota lainnya. Mereka yang homeless dan tidak memiliki pekerjaan itu rentan melakukan tindak kejahatan yang mana penjarahan hanyalah salah satunya.

Mudah-mudahan kejadian penjarahan itu tidak terjadi di Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Ahmad Cholis Hamzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Ahmad Cholis Hamzah.

Tertarik menjadi Kolumnis GNFI?
Gabung Sekarang

Terima kasih telah membaca sampai di sini