Bantuan Kemanusiaan RI Telah Diterima Korban Konflik di Gaza

Bantuan Kemanusiaan RI Telah Diterima Korban Konflik di Gaza
info gambar utama

Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Port Visit Mesir 2024 berhasil mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza, Palestina. Seluruh bantuan telah diserahkan kepada Egyptian Red Cresent (ERC) dengan diangkut menggunakan 50 truk.

Para petugas ERC pun langsung berangkat menuju Perbatasan Rafah untuk menyalurkan bantuan kepada korban konflik di Gaza.

"Kegiatan ini merupakan bantuan terbesar yang pernah kita kirimkan dengan jumlah 242,6 ton,” tutur Komandan Satgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji, di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (15/3/2024).

Bimoaji juga memastikan bahwa bantuan Indonesia telah diterima korban konflik di Gaza.

“Informasi telah diberikan kepada kami dan mereka meyakinkan dukungan atau bantuan kemanusiaan dapat diterima oleh korban konflik di Gaza,” katanya.

Tiba di Mesir, Tim Kapal Rumah Sakit TNI Serahkan Bantuan untuk Warga Gaza

Satgas Port Visit Mesir akhirnya resmi menuntaskan misi kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza. Para kru bersama KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 pun telah tiba di tanah air setelah menjalani rute Jakarta–Belawan–Al Arish–Jeddah–Batam dan kembali lagi ke Jakarta pada Jumat (15/3).

Menurut cerita Bimoaji, tim Satgas sebetulnya telah menyiapkan bantuan penanganan medis. Namun, setelah berkoordinasi, mereka hanya mendapatkan waktu empat hari untuk menurunkan bantuan kemanusiaan. Setelah menempuh pelayaran 57 hari, Satgas Port Visit akhirnya sukses menyalurkan bantuan kepada korban konflik di Gaza.

"Kami sudah menyiapkan 214 orang staf Satgas dan tim force protection sejumlah 36 orang yang terdiri dari Satkopaska, Denjaka, dan Taifib, untuk melaksanakan self defense, menghindari hal yang tidak diinginkan saat melintasi area konflik," tutup Bimoaji.

Satgas Port Visit Mesir Tahun 2024 mewakili TNI AL mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas bantuan masyarakat Indonesia untuk korban konflik Gaza.

Menlu Retno di DK PBB: Sentil PM Israel hingga Dorong Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini