Simak! Ini Dia Syarat dan Tips Lolos Seleksi IISMA

Simak!  Ini Dia Syarat dan Tips Lolos Seleksi IISMA
info gambar utama

Pengumuman hasil seleksi penerima beasiswa Indonesian Internasional Student Mobility Awards (IISMA) baru saja diumumkan Rabu (20/03).

Beasiswa ini merupakan program unggulan Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa terpilih untuk merasakan pengalaman belajar di luar negeri.

Program beasiswa ini memang populer dan banyak peminat sehingga terkenal kompetitif, dan tidak semua pendaftar berhasil lolos. Nah, untuk yang belum lolos atau baru pertama kali mendaftar seleksi beasiswa ini wajib mengerahkan strategi dan tips yang jitu agar dapat lolos dan menjadi penerima beasiswa.

Oleh karena itu, mari simak penjelasan tentang beberapa syarat dan tips lolos seleksi beasiswa IISMA.

Syarat Pendaftaran IISMA

Sebelum membahas tips lolos seleksi, penting untuk memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar IISMA:

1. Mahasiswa aktif Sarjana atau Vokasi di perguruan tinggi yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) di Indonesia dengan minimal IPK 3.0 (dari 4.0).

2. Memiliki Sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan nilai minimum sebagai berikut:

  • Mahasiswa sarjana: TOEFL iBT - 78, IELTS - 6.0, atau Duolingo English Test - 100
  • Mahasiswa vokasi: TOEFL iBT - 60, IELTS - 6.0, Duolingo English Test - 95, atau TOEIC Listening and Reading Test - 605

3. Merupakan warga negara Indonesia dengan maksimal usia 24 tahun yang menetap di Indonesia dan tidak memiliki status berkewarganegaraan ganda dan maksimal berusia 24 tahun

3. Dinominasikan wakil rektor bidang akademik dari perguruan tinggi akademik atau vokasi dalam negeri

4. Memenuhi persyaratan khusus dari perguruan tinggi tujuan

5. Belum pernah menerima beasiswa pertukaran pelajar luar negeri lainnya.

6. Melengkapi seluruh dokumen persyaratan, adapun dokumen yang wajib dilampirkan ialah:

  • Bukti kewarganegaraan Indonesia (KTP/Paspor/Akta Kelahiran).
  • Surat rekomendasi dari pihak kampus.
  • Transkrip dari akademik terakhir.
  • Sertifikat tes bahasa Inggris.
  • Membuat esai.

Tips Lolos Seleksi IISMA

Beberapa tips ini berdasarkan pengalaman sukses salah satu awardee IISMA tahun 2023 yaitu mahasiswi Biologi Universitas Padjadjaran Shaffrina Zhamara yang kerap disapa Zhara. Ia berhasil meraih kesempatan studi di National Taiwan University melalui program ini. Dengan memahami tips-tips dari Zhara, hal ini bisa menjadi langkah persiapan bagi seluruh para calon peserta seleksi beasiswa IISMA selanjutnya.

1. Pilih Program yang Tepat

Zhara menekankan pentingnya memilih program yang sesuai dengan minat dan tujuan belajar di luar negeri. Ini dapat membantu mempertegas alasan mengapa Anda memilih program tersebut dan memberikan dasar yang kuat dalam esai aplikasi.

2. Tingkatkan dan Persiapkan Kemampuan Bahasa Inggris

Salah satu kunci sukses dalam seleksi adalah kemampuan berbahasa Inggris. Zhara menyarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk English Proficiency Test (EPT), seperti TOEFL, IELTS, atau DET, sesuai dengan persyaratan universitas yang dituju.

3. Persiapan Berkas

Persiapan dokumen aplikasi seperti transkrip, sertifikat bahasa Inggris, surat-surat referensi, Curriculum Vitae (CV), dan esai membutuhkan waktu dan perhatian ekstra. Penting untuk memperbarui informasi dan menyesuaikan dengan persyaratan terbaru dari program yang dituju.

4. Menulis CV dan Esai

Zhara menyarankan untuk meminta masukan dari orang lain dan menggunakan alat bantu seperti Grammarly dan Thesaurus.com untuk menyusun CV dan esai dengan baik. Esai harus singkat, padat, dan jelas, serta memperlihatkan motivasi dan komitmen Anda dalam mengikuti program tersebut.

5. Menggunakan Tools Pendukung

Tools seperti Grammarly dan Thesaurus.com dapat membantu dalam mengoreksi grammar dan memperkaya kosakata, sehingga meningkatkan kualitas esai yang diajukan.

6. Mengelola Waktu dan Perubahan

Mengingat adanya maintenance dan perubahan informasi pada situs resmi program, penting untuk mengelola waktu dengan baik dalam menyiapkan dokumen aplikasi dan memastikan bahwa informasi yang diberikan selalu terkini.

7. Membangun Networking

Zhara juga menyoroti pentingnya membangun jaringan dengan mahasiswa dari universitas lain dan awardee IISMA lainnya. Ini dapat memberikan manfaat tambahan selama studi di luar negeri dan setelah kembali ke Indonesia.

Dengan memperhatikan syarat dan tips-tips di atas dan mengikuti jejak pengalaman salah satu penerima beasiswa IISMA, diharapkan calon pendaftar dapat meningkatkan peluang mereka untuk berhasil dalam program seleksi seperti IISMA.

Referensi:

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/iisma/syarat-ketentuan

https://biologi.unpad.ac.id/tips-lolos-indonesian-international-student-mobility-awards-iisma-ala-shaffrina-zhamara-

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini