Profil Jay Idzes, Pemain Belakang Timnas Indonesia yang Dapat Julukan Jayadi dari Netizen

Profil Jay Idzes, Pemain Belakang Timnas Indonesia yang Dapat Julukan Jayadi dari Netizen
info gambar utama

Jay Idzes, pemain sepak bola klub Serie B, Venezia, menuai perhatian luas setelah penampilannya yang mengesankan dalam pertandingan Indonesia melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Jay Idzes berhasil menjaga pertahanan Timnas Indonesia dari serangan Vietnam, yang berujung pada kemenangan dengan skor 1-0. Pencapaian ini membuat banyak orang ingin mengetahui lebih banyak tentang Jay Idzes, atau yang sering dijuluki Jayadi oleh netizen. Berikut profil dan perjalanan kariernya.

Profil dan Perjalanan Karier Jay Idzes

Pemain dengan julukan Jayadi memiliki nama lengkap Jay Noah Idzes lahir pada 2 Juni 2000 di Mierlo, Belanda. Walaupun lahir di Belanda, ia memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya.

Pada 28 Desember 2023, sosok dengan tinggi 191 cm secara resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini membukakan kesempatan baginya untuk mewakili Indonesia di berbagai kompetisi internasional. Pemain naturalisasi itu juga menyandang julukan Jayadi sebagai nama lokal dari penggemarnya.

Minat dan bakat Jay pada sepak bola sudah tampak sejak usia tujuh tahun ketika ia mulai bermain di klub amatir, SC Brabant, di tanah kelahirannya, ia bermain selama 1,5 tahun. Setelah itu, melanjutkan pengembangan bakatnya di akademi Philips Sport Vereniging (PSV) Eindhoven selama lima tahun, sebelum bergabung dengan VVV-Venlo dan Helmodsports pada 2014.

Sebelum memulai debut profesionalnya, Jay Idzes mengasah kemampuannya di klub Eerste Divisie, FC Eindhoven, ia menjadi bagian dari tim akademi junior. Selama dua tahun di sana, Jay terus belajar dan berkembang sebagai pemain sepak bola.

Jay memulai debut profesionalnya sebagai pesepak bola saat bermain untuk FC Eindhoven dalam liga Eerste Divisie pada 21 Agustus 2018. Menurut data dari Transfermarkt, Jay Idzes telah tampil sebanyak 57 kali dengan total waktu bermain mencapai 4.136 menit bersama FC Eindhoven, dan ia juga mencatatkan satu assist selama periode tersebut.

Pada bulan Juli 2020, Jay Idzes bergabung dengan Go Ahead Eagles. Selama tiga tahun membela klub tersebut, dari 2020 hingga 2023, Jay Idzes mencatat 93 penampilan dengan total waktu bermain sebanyak 7.036 menit. Selama periode tersebut, Jay berhasil mencetak 3 gol dan memberikan 5 assist untuk timnya.

Pencapaian Jay di Belanda menarik perhatian klub Italia, Venezia. Klub Serie B itu merekrutnya pada Juni 2023 dengan kontrak berdurasi empat tahun.

Bersama Venezia, Jay menjadi pemain bek dengan penampilan yang konsisten, sering kali dimainkan penuh. Hingga saat ini, ia telah tampil empat kali di Serie B dan satu kali di Coppa Italia, memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain andalan timnya.

Pemain naturalisasi yang berposisi sebagai bek tengah memulai nilai transfernya dengan angka Rp4,35 miliar saat bermain untuk FC Eindhoven pada usia 18 tahun. Nilai transfernya terus meningkat, terutama ketika dia bermain untuk Go Ahead Eagles, nilai transfernya naik menjadi Rp6,08 miliar. Kemudian, menurut data terbaru dari Transfermarkt, biaya transfernya ketika dia bermain untuk Venezia FC mencapai Rp15,64 miliar.

Sumber:
https://www.transfermarkt.co.id/jay-idzes/profil/spieler/546926
https://www.veneziafc.it/en/news/jay-idzes-joins-venezia-fc

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini