Berbagi Satu Jam Tanpa Lampu bersama Komunitas Earth Hour

Berbagi Satu Jam Tanpa Lampu bersama Komunitas Earth Hour
info gambar utama

Tahu nggak sih, kalau di Surabaya Kawan dapat berkontribusi untuk menjaga masa depan bumi dengan mematikan lampu satu jam setiap tahunnya? Menarik, bukan? Namun, siapa sih, yang mencetuskan gagasan brilian ini?

Kawan wajib kenalan dulu dengan Komunitas Earth Hour Surabaya! Komunitas ini merupakan sekelompok pemuda yang terbentuk dari Gen Z maupun Millennial dengan tujuan untuk membuka mata Kawan GNFI agar peduli kepada perubahan iklim di bumi.

Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan di Surabaya

Baca Juga: Festival Wiradewari 2.0, Kolaborasi 6 Komunitas Rayakan Hari Perempuan Internasionalal

Pastinya Kawan kepo dong, bagaimana Earth Hour Surabaya terbentuk? Perlu Kawan ketahui Earth Hour resmi terbentuk di Surabaya Tahun 2011 setelah sosialisasi Yayasan WWF-Indonesia (World-Wild Fund For Nature).

Nah, awal dari tujuan Earth Hour Surabaya sendiri muncul karena adanya awareness Kawan Earth Hour kepada data komposisi sampah yang terus melonjak di Tahun 2021. Oleh karenanya, Earth Hour berkontribusi terhadap masalah ini untuk melindungi ekosistem Hutan Mangrove di Surabaya. Kereenn!

Eitss, kegiatan Earth Hour Surabaya ngga sampai situ, lho, Kawan! Ada banyak lagi kegiatan seru yang Earth Hour lakukan selain menjaga ekosistem mangrove. Total sampai tahun 2024 ini, ada 6 macam kegiatan utama yang memenuhi timeline Kawan Earth Hour. Salah satunya Hari Peduli Sampah Nasional, dimana Kawan diajak untuk melakukan aksi bersih-bersih Pantai tepatnya di Surabaya Utara.

Lalu ada EH Goes To School yang bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi mulai dari SD sampai SMP untuk meningkatkan kepedulian lingkungan. Adapun Mangrove Green Concert untuk membantu mengonservasi lingkungan mangrove di Surabaya!

Baca Juga: Mengenal Buku Lebih Dalam Bersama Komunitas Rabo Sore

Lho!? Memangnya Kawan diluar Earth Hour boleh ikutan ngga sih? Jawabannya tentu boleh, dong! Beberapa aksi dari Earth Hour dapat Kawan ikuti sebagai bentuk kepedulian lingkungan! Kawan dapat mengawali dengan Switch Off yang diadakan Earth Hour setiap tahunnya!

Dimana acaranya akan berfokus untuk mengajak seluruh Kawan GNFI mematikan lampu selama satu jam setiap tahun nya! Di tahun 2024, acara Switch Off dilakukan di tanggal 23 Maret pada malam Sabtu secara offline, lho! Ada yang tahu dimana?

Dalam acara Switch Off yang merupakan acara utama ini, banyak dari Kawan membagikan bentuk kepedulian terhadap lingkungan di Instagram dengan ikut mematikan lampu, yaitu pada jam 8.30—9.30 malam! Asyik banget, kan?

Tentunya Kawan Earth Hour juga dibantu oleh komunitas mahasiswa yang tersebar di seluruh Surabaya! Tak lepas juga aksi Earth Hour akan ditutup dengan mengkampanyekan salah satu bentuk aksi Earth Hour di berbagai universitas dengan #BeliYangBaik.

Kalau Kawan udah kepo, mendingan Kawan segera cari deh informasi mengenai kegiatan menarik yang dapat Kawan ikuti bersama Earth Hour Surabaya! Pasti gabakalanboring!

Baca Juga: Komunitas Jaga Semesta Lindungi Mata Air demi Cegah Krisis Air 2040

Falsafah 60 dalam setiap kegiatan Earth Hour

Earth Hour yang diperkenalkan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) merupakan bentuk aksi yang dikampanye untuk melibatkan masyarakat dalam tindakan kecil yang berpotensi besar dalam menjaga lingkungan.

Mulai dari tahun 2007, Earth Hour telah dikenal karena aksi "Mematikan Lampu / Switch Off”-nya sebagai simbol dalam perlawanan terhadap perubahan iklim. Dengan identitas baru pada tahun 2023, Earth Hour mengubah fokusnya menjadi "60" untuk menekankan urgensi tindakan terhadap planet.

Aksi ini tentunya dilaksanakan secara serentak setiap tahun. Dan di tahun 2024 tepatnya di tanggal 23 Maret Switch Off hadir dengan tema "#Suro4Earth." Dimana Komunitas Earth Hour mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan, dengan "Suro" merujuk pada ikon kota Surabaya, yaitu ikan hiu.

Aksi ini tentunya telah dibawakan dalam konferensi pers pada 19 Maret lalu di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya. Dimana pengenalan Earth Hour terhadap kepedulian lingkungan diinisiasikan kepada publik.

Dengan motto yang dibawakan Earth Hour Indonesia, “Ini Aksiku, Satu Jam Untuk Bumi,” tujuan Earth Hour tetap berfokus untuk meningkatkan kesadaran Kawan mengenai keberadaan Earth Hour dan seberapa pentingnya pelestarian lingkungan di sekitar Kawan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini