Serba-Serbi Ngabuburead, Kegiatan Literasi Menjelang Buka Puasa

Serba-Serbi Ngabuburead, Kegiatan Literasi Menjelang Buka Puasa
info gambar utama

Ngabuburead merupakan kegiatan menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan dengan membaca buku. Istilah ngabuburead berasal dari gabungan kata ngabuburit (burit) berasal dari bahasa Sunda yang artinya menjelang azan magrib dan read berasal dari bahasa inggris yang artinya membaca.

Beberapa komunitas literasi mengadakan kegiatan ngabuburead di berbagai wilayah. Bahkan, beberapa Pemerintah Provinsi menyediakan perpustakaan keliling untuk masyarakat selama bulan Ramadan. Hal tersebut bisa menjadi alternatif menarik bagi masyarakat yang ingin merasakan ngabuburit dengan pengalaman yang berbeda.

Ngabuburead menjadi salah satu kegiatan positif yang bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui membaca, seseorang dapat menggali informasi baru, memperdalam pemahaman tentang topik tertentu, atau bahkan mengeksplorasi dunia fiksi yang memperkaya imajinasi.

3 Tips Membuat Anak Suka Buku, Orang Tua Wajib Tahu

Tantangan Ngabuburead

Kegiatan ngabuburead ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Disamping itu, penerbit besar seperti Gramedia Pustaka Utama (GPU) mengadakan kegiatan membaca selama bulan Ramadan dengan tema #Ngabuburead.

Kegiatan ini berupa tantangan atau challenge membaca selama bulan Ramadan. Pembaca diminta meng-update bacaan per harinya di instastory dengan menggunakan template yang sudah disediakan oleh Gramedia dalam akun Instagram resmi mereka @gramedia.com. Buku bacaan bisa berupa buku fisik ataupun ebook Gramedia Digital.

Tak hanya itu, di akhir periode challenge, akan ada beberapa pembaca yang dipilih dan berhak mendapatkan THR online berupa voucher gramedia.com dengan total jutaan rupiah. Hal ini menjadi menarik dan membuat para pembaca ingin ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Manfaat Ngabuburead

Banyak sekali efek positif yang didapatkan dari kegiatan ngabuburead ini yang tak hanya dirasakan oleh kalangan tertentu saja, tetapi oleh semua orang. Manfaatnya antara lain:

  1. Meningkatkan pengetahuan, dengan adanya kegiatan ngabuburead, pengetahuan kita dari hari ke hari akan semakin bertambah melalui buku bacaan yang kita baca setiap harinya.
  2. Meningkatkan minat baca, melalui kegiatan ngabuburead yang diadakan selama bulan Ramadan, kita dapat melatih kebiasaan baru dengan membaca. Minat membaca akan tumbuh perlahan-lahan jika kita konsisten terhadap kebiasaan tersebut.
  3. Relaksasi dan hiburan, membaca buku yang menarik dapat menjadi sarana hiburan dan relaksasi bagi diri.
  4. Mengisi waktu senggang: Ngabuburead membantu kita mengisi waktu senggang dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat sambil menunggu buka puasa, Hal ini membantu seseorang untuk mengindari kegiatan-kegiatan yang kurang produktif atau tidak bermanfaat.
Mengenal Buku Lebih Dalam Bersama Komunitas Rabo Sore

Rekomendasi buku islami untuk kegiatan Ngabuburead

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku Islami yang cocok untuk dibaca selama Ngabuburead:

  1. The Incredible Muslim karya Edgar Hamas, buku ini mengajak kita menelusuri betapa hebatnya islam dan menjadikan kita muslim yang luar biasa dengan penuh sadar dan rasa bangga. Sebab, kita bukanlah figuran, melainkan aktor utama kebangkitan.
Buku The Incredible Muslim (Dokumentasi pribadi)
info gambar
  • The Chronicles of Ghazi karya Sayf Muhammad Isa dan Felix Siauw, Buku ini terdiri dari 6 seri dan bergenre historical fiction (fiksi sejarah). Bercerita tentang kisah perjuangan para kesatria muslim dalam menaklukan Konstantinopel.

  • Meskipun buku ini bergenre sejarah, tetapi bahasa yang dimuat tidak seberat buku sejarah pada umumnya, dikarenakan buku ini dibumbui dengan genre fiksi yang membuatnya menarik dan seru ketika dibaca.

    Buku The Chronicles of Ghazi (Dokumentasi pribadi)
    info gambar

  • Infinity Muslim Heroes karya Edgar Hamas dan Sayf Muhammad Isa, berisi tentang kisah tokoh-tokoh dalam sejarah peradaban islam yang telah memberikan sumbangsihnya bagi umat manusia dan kemanusiaan. Sayangnya, kisah mereka terhalang oleh kehadiran para tokoh superhero dalam film yang lebih diketahui oleh generasi saat ini. Dalam buku ini, kita diajak mendalami kisah para pahlawan hebat dalam dunia fiksi dan disandingkan dengan kisah para pahlawan islam yang tidak kalah hebat dan inspiratif.
  • Buku Infinity Muslim Heroes (Dokumentasi pribadi)
    info gambar

    Itulah beberapa serba-serbi ngabuburead yang bisa kawan GNFI coba selama bulan Ramadan.

    Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi dari Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Contoh

    Referensi:

    • https://yoursay.suara.com/news/2022/04/12/112857/ngabuburead-kegiatan-viral-di-kalangan-pembaca-untuk-mengisi-ramadhan
    • https://www.instagram.com/p/C4Z-byMseAE/?igsh=MXVwbjc0cHU3bDYzeg==

    Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

    Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

    LL
    KO
    Tim Editor arrow

    Terima kasih telah membaca sampai di sini