Manfaat di balik Hobi Mendengarkan Musik Populer Karya Anak Daerah yang Harus Kamu Tahu

Manfaat di balik Hobi Mendengarkan Musik Populer Karya Anak Daerah yang Harus Kamu Tahu
info gambar utama

Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya, dan berbagai keragaman lainnya memberi kita kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang luas lo, Kawan.

Seperti yang kita tahu, setiap suku memiliki bahasa dan ciri khasnya masing-masing, dan pengetahuan inilah yang penting untuk kita ketahui. Karena sebagai anak bangsa, kita harus bangga dengan identitas bangsa sendiri. Salah satunya ialah dengan mengenal budaya-budaya yang ada.

Ciri khas dan budaya tersebut dapat kita kenali lebih dekat melalui berbagai cara. Salah satunya ialah melalui musik yang dibuat langsung oleh anak bangsa yang kreatif dan inovatif. Bisa dalam “menyelipkan” makna indah di setiap bait liriknya atau pembawaan yang menenangkan dengan diiringi instrumen khas asal daerah masing-masing.

Alunan Alat Musik Sampe yang Menenangkan Jiwa

Selain dapat dijadikan sebagai perantara mengenal budaya di Indonesia, mendengar musik daerah juga memiliki manfaat lainnya loh, Kawan. Apa saja?

Foto oleh Secret Garden: https://www.pexels.com/id-id/foto/fotografi-fokus-selektif-bunga-merah-muda-dan-merah-931166/
info gambar

Meromantisasi Hidup

Kawan GNFI pasti sudah tahu, kan, musik daerah populer yang berhasil diciptakan memiliki berbagai jenis sesuai tujuan si penulis lagu? Dari banyaknya musik tersebut, ada yang mengajak kita untuk lebih mencintai diri sendiri dan menyadarkan diri bahwa kita istimewa, berharga, dan kalimat afirmasi positif lainnya.

Inilah manfaat yang pertama dari mendengar musik popular karya anak daerah, yakni membantu kita untuk dapat meromantisasi hidup melalui pembawaan lirik akustik yang nyaman dan menenangkan. Bahkan, di beberapa lagu, kita dapat merasakan bahwa kita sangat dicintai. Kawan GNFI pernah menemukan musik seperti itu?

Musik Kredit Avatar: The Legend of Aang Rupanya Terinspirasi dari Tari Asal Indonesia!

Menambah Pengalaman Emosional dan Sensorik

Dengan kekhasan yang dimiliki oleh musik-musik daerah populer, kita dapat merasakan perubahan suasana hati, emosi, bahkan ketenangan pikiran setelah mendengar melodi, lirik, dan ritme dari lagu tersebut.

Tak hanya sampai di situ. Ciri khas yang dimuat dalam musik tersebut memberi kita pengalaman untuk merasakan nuansa dan suasana di daerah tertentu yang mungkin pernah dikunjungi atau belum sama sekali. Ajaib sekali bukan?

Foto oleh cottonbro studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/kayu-musik-windows-jendela-5602493/
info gambar

Melestarikan Warisan Budaya

Dengan mendengar musik dari daerah tertentu, secara tidak langsung kita mempelajari nilai-nilai, identitas, maupun cerita yang termuat dalam musik tersebut. Sebab, musik daerah tentu akan menggunakan identitas dan ciri khasnya untuk menyampaikan pesan maupun makna dari suatu lirik yang telah dibuat.

Dan ini dapat kita golongkan sebagai upaya melestarikan budaya melalui cara yang baru dan sesuai dengan minat kebanyakan masyarakat Indonesia zaman sekarang.

Mendukung Inovasi Budaya yang Berkeberlanjutan

Menciptakan musik-musik daerah yang diminati oleh kebanyakan orang di zaman sekarang merupakan suatu hal yang baru dan harus terus dikembangkan sesuai dengan trend yang sedang berlangsung. Dengan demikian, identitas dari suatu daerah tidak lekang dengan zaman.

Oleh karena itu, upaya ini tentu tidak mudah. Kita harus menyesuaikan antara isi atau makna lirik, melodi yang sedang banyak disukai oleh masyarakat, hingga pitching yang menarik agar tidak dianggap membosankan.

Musik dalam Kata dan Not: Menjaga Jejak Melodi Daerah

Dengan demikian, mendengarkan musik populer yang berhasil diciptakan oleh anak daerah di seluruh Indonesia merupakan bentuk dukungan kita untuk para seniman musik Indonesia untuk terus berkarya dalam mengembangkan musik-musik yang luar biasa.

Setelah mengetahui setidaknya empat manfaat lain dari mendengarkan musik popular daerah, harapannya Kawan GNFI semua dapat merawat kecintaan terhadap musik-musik daerah yang telah berhasil diciptakan oleh saudara-saudari kita dari seluruh penjuru Indonesia.

Dan setelah membaca artikel ini, apakah Kawan GNFI sudah memutuskan untuk membuat playlist lagu-lagu daerah populer versimu sendiri?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini