4 Fakta Bandara Kalimarau, Bandara Megah di Berau Kalimantan Timur

4 Fakta Bandara Kalimarau, Bandara Megah di Berau Kalimantan Timur
info gambar utama

Kalimantan Timur selain memiliki bandara berskala internasional, juga terdapat bandara berkategori perintis. Salah satunya adalah Bandara Kalimarau yang tepatnya terletak di Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau.

Tahukah Kawan GNFI, Bandara Kalimarau merupakan bandara Kalimantan Timur yang pertama dilengkapi dengan centre light atau lampu di garis tengah landasan pacu? Berikut fakta-fakta mengenai Bandara Kalimarau!

5 Fakta Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Bandara Kalimantan Timur Raih Berbagai Penghargaan

1. Sejarah Pendirian

Nama Kalimarau sendiri berasal dari anak sungai yang mengalir di depan terminal bandara. Bandara Kalimarau didirikan tahun 1976. Pada saat awal berdirinya, Bandara Kalimarau mempunyai panjang runway pada hanya 650 meter mengingat pesawat yang mendarat hanya pesawat kecil jenis MAF 506 dengan jumlah penumpang 5 orang dan 2 awak pesawat.

Pada tahun 1990-an hingga 2006 terus dilakukan pengembangan dan renovasi untuk peningkatan fasilitas. Pada 2007, dilakukan perpanjangan landasan menjadi 1.850 meter dan pelapisan landasan. Kemudian, pada tahun 2008, Bandara Kelas I Kalimarau naik kelas dari kelas IV menjadi Bandara Kelas II seiring ditunjuknya Kalimantan Timur sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008.

Setelahnya, pada tahun 2011, dilakukan perpanjangan landas pacu dari 1.850 meter persegi menjadi 2.250 meter persegi serta diresmikan pada tahun 2012 oleh Presiden Republik Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono.

Melansir dari halaman Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Bandara Kalimarau pengelolaannya berada dibawah UPT Ditjen Hubud Kementerian Perhubungan. Saat ini, bandara tersebut memiliki panjang landas pacu 2,250 meter persegi luas terminal penumpang 16.667 meter persegi, terminal VIP 505 meter persegi, dan terminal kargo 592 meter persegi.

2. Fasilitas Bandara

Adapun fasilitas yang terdapat di bandara ini meliputi ATM (Bank BPD Kaltim, Bank BRI, dan Bank BNI), mushola, kafe, ruang menyusui (nursing room), dokter, pos polisi, tenant makanan dan minuman, wahana bermain indoor dan outdoor, wahana ATV, toilet, dan parkir.

Konon, Bandara Kalimarau ini masih menjadi satu-satunya bandara kabupaten yang memiliki garbarata. Dengan demikian, adanya peningkatan fasilitas dan berbagai renovasinya menjadikan Bandara Kalimarau kini naik kelas menjadi bandara kelas I.

3. Rute Penerbangan dan Maskapai

Rata-rata, Bandara Kalimarau mempunyai satu penerbangan yang berangkat setiap hari. Bandara Kalimarau melayani penerbangan dengan rute domestik yang menuju kota-kota besar di Pulau Jawa serta beberapa kota di Kalimantan.

Berikut maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Kalimarau, yakni Citilink, Batik Air, Wings Air, dan Susi Air. Selain itu, rute penerbangannya adalah untuk kota Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Maratua, dan Samarinda.

Berkenalan dengan Empat Bandara di Sulawesi yang Baru Diresmikan

4. Penghargaan

Bandara Kalimarau juga memperoleh berbagai penghargaan yang membanggakan bahkan di saat masa pandemi. Berikut beberapa penghargaan yang diraih, yakni:

  • Unit Penyeleggara Pelayanan Publik Terbaik penyedia sarana prasarana yang ramah kelompok rentan oleh Menpan RB (2023).
  • Bandara Kalimarau berhasil meraih penghargaan Bandara Sehat 2020 dalam ajang Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan 2020 oleh Kementerian Kesehatan.
  • Bandara Awards 2019 sebagai First Winner Best Airport 2019 dan Special Award yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, bekerja sama dengan Majalah Bandara.

Demikian profil mengenai Bandara Kalimarau di Kalimantan Timur. Bandara ini menjadi salah satu infrastruktur penting dalam mendukung hubungan antarwilayah dan potensi ekonomi Kabupaten Berau dan sekitarnya, terutama di bidang pariwisata.

Hal ini lantaran Kabupaten Berau memiliki destinasi unggulan pariwisata Kalimantan Timur, yang mana terbaik maka akses utama adalah melalui Bandara Kalimarau.

Nah, Kawan GNFI, apakah kalian tertarik berpergian dengan moda transportasi udara melalui Bandara Kalimarau?

Mengenal APT Pranoto, Salah Satu Bandara Internasional di Kalimantan Timur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

HR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini