Jelang Libur Lebaran, 290 Ribu Kendaraan Tinggalkan Wilayah Jakarta

Jelang Libur Lebaran, 290 Ribu Kendaraan Tinggalkan Wilayah Jakarta
info gambar utama

Mendekati libur Lebaran 2024, PT Jasa Marga mencatat sebanyak 298.370 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada 28–29 Maret 2024. Jumlah ini meningkat sebesar 5,25 persen dibandingkan lalu lintas biasanya.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol Utama.

Keempat gerbang tol itu adalah GT Cikupa ke arah Merak, GT Ciawi ke arah Puncak, dan GT Cikampek Utama ke arah Trans Jawa, serta GT Kalihurip Utama yang ke arah Bandung. Distribusi lalin dari Jabotabek ini menuju ke tiga arah.

Paling banyak menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) sejumlah 129.706 kendaraan (43,47%). Kemudian, menuju arah Barat (Merak) sebanyak 97.131 kendaraan (32,55%), dan menuju arah Selatan (Puncak) sebanyak 71.533 kendaraan (23,97%).

Peningkatan arus lalu lintas

Menurut pantauan Jasa Marga, lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama mencapai 60.370 kendaraan. Jumlah ini meningkat sebesar 10,02 persen dari lalin normal.

Sementara itu, lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek melewati Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang menuju Bandung dipadati oleh 69.366 kendaraan. Jumlah ini juga meningkat sebesar 7,4 persen dari lalin normal.

Untuk lalin yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui GT tersebut adalah sebanyak 129.706 kendaraan. Sedangkan lalin menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 97.131 kendaraan.

Peningkatan arus lalu lintas juga terjadi pada arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi. Sebanyak 71.533 kendaraan tercatat meninggalkan Jabotabek. Jumlah ini meningkat sebesar 2,41 persen dari lalin normal.

Baca juga 7 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

Tips mudik aman dan nyaman

Agar mudik menjadi aman dan nyaman, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pengendara diharapkan agar memastikan kendaraan dan pengendara dalam kondisi prima.

Selain itu, pemusik juga perlu memastikan kecukupan bahan bakar (BBM) dan saldo uang elektronik untuk memasuki jalan tol, serta mematuhi semua rambu-rambu dan arahan petugas di perjalanan.

Baca juga Tips Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini