Tips Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Tips Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran
info gambar utama

Kawan GNFI kalau mudik Lebaran biasanya berapa lama, nih? Sepekan? Setengah bulan? Atau ada yang punya rencana sampai satu bulan? Sepertinya, mudik Lebaran tidak bisa sebentar, ya!

Mudik Lebaran merupakan momen tahunan untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara. Apalagi untuk para perantau, maka waktu ini menjadi kesempatan untuk melepas rindu dan saling berbagi kabar.

Akan tetapi, saat mudik Lebaran biasanya kita akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Kekhawatiran pun kerap muncul, apalagi melihat banyak berita di media massa mengenai peristiwa rumah yang kebobolan maling saat penghuninya bepergian.

Ada Pembatasan Angkutan Barang Saat Lebaran 2024, Ini Jadwal dan Lokasinya

Berikut merupakan tips yang bisa Kawan GNFI lakukan agar rumah tetap aman selama ditinggal sedang pulang kampung!

1. Pastikan Rumah Terkunci Rapat

Kawan GNFI yang ingin meninggalkan rumah saat mudik Lebaran jangan terburu-terburu sehingga lupa mengunci pintu dan jendela, ya! Pastikan untuk menutup pintu dan jendela dengan rapat dan jika perlu berikan kunci tambahan atau gembok.

Jangan menyimpan kunci rumah di tempat-tempat rawan, seperti rak sepatu, ventilasi jendela, bawah karpet atau pot bunga. Sangat disarankan agar Kawan GNFI bisa membawa kunci rumah atau menitipkannya pada kerabat yang dipercaya.

2. Matikan Semua Alat Elektronik dan Sambungan Listrik

Ada baiknya bagi Kawan GNFI untuk mematikan semua peralatan elektronik yang terhubung ke listrik, seperti televisi, mesin cuci, komputer, kulkas, dispenser, kipas angin, AC, dan rice cooker. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik dan menghemat energi listrik, lo!

Tips lain sebelum mematikan sambungan listrik pada kulkas adalah mengosongkan isi kulkasnya terlebih dulu, ya. Bahan makanan yang tersimpan dalam kulkas tanpa adanya daya listrik bisa membuat bahan makanan tersebut menjadi basi dan berjamur. Alhasil saat pulang mudik nanti, Kawan GNFI harus berbenah isi kulkas yang penuh dengan bahan makanan berjamur.

PT PAL Gerak Cepat Rampungkan Perbaikan Kapal Komersil Sambut Mudik Lebaran 2024

3. Matikan Saluran Air

Saluran air juga penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan mudik Lebaran, lo, Kawan GNFI. Mematikan saluran air bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran. Jika sampai terjadi kebocoran selama meninggalkan rumah di mudik lebaran, maka biaya tagihan air Kawan GNFI nantinya akan membengkak.

Tips tambahan selain mematikan saluran air adalah mengosongkan bak penampungan air di rumah untuk mencegah munculnya jentik nyamuk atau hewan lain.

4. Menutup Saluran Pembuangan

Menutup saluran pembuangan, seperti di wastafel, kamar mandi, atau tempat cuci piring dilakukan untuk menghindari masuknya hewan buas atau hewan pengerat, seperti ular atau tikus. Jadi, pastikan untuk menutupnya dengan rapat, ya, Kawan GNFI!

5. Melepas Regulator Gas

Nah, tips yang satu ini tidak boleh sampai ketinggalan. Melepas regulator gas ketika tidak ada penghuni rumah sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya kebocoran gas yang bisa mengakibatkan kebakaran. Jika dirasa perlu, Kawan GNFI juga bisa melepas selang yang menghubungkan tabung dengan kompor gas, ya!

6. Memasang Lampu Otomatis

Penggunaan lampu otomatis ini dimaksudkan agar rumah tetap terang saat malam hari. Apabila sinar matahari dirasa cukup atau siang hari tiba, maka lampu akan mati secara otomatis. Selain itu penggunaan lampu otomatis juga dimaksudkan untuk mencegah maling dengan memberi isyarat bahwa rumah Kawan GNFI tetap ada penghuninya.

4 Ruas Tol Beroperasi Gratis saat Lebaran, dari Yogya-Solo hingga Cipularang

7. Berpamitan Kepada Tetangga atau Ketua RT

Kawan GNFI juga perlu memberi kabar kepada tetangga yang dipercaya atau Ketua RT tentang keberangkatan pulang kampung. Ada baiknya juga Kawan GNFI berkabar mengenai berapa lama akan meninggalkan rumah.

Jangan sungkan untuk minta tolong kepada tetangga terdekat atau petugas keamanan di sekitar tempat tinggal Kawan GNFI agar mereka melakukan pengawasan pada rumah kalian yang kosong.

Nah, itu tadi tips yang bisa kawan GNFI lakukan sebelum meninggalkan rumah saat mudik Lebaran. Pastikan untuk meninggalkan rumah tanpa rasa khawatir, ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini