Libur Idulfitri 2024, Perputaran Ekonomi Diperkirakan Tembus Rp276,11 Triliun

Libur Idulfitri 2024, Perputaran Ekonomi Diperkirakan Tembus Rp276,11 Triliun
info gambar utama

Proyeksi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menunjukkan bahwa perputaran ekonomi dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat momen libur Lebaran tahun 2024 diestimasi mencapai Rp276,11 triliun.

“Angka ini mengalami kenaikkan yang signifikan sebesar 15 persen jika dibandingkan dengan potensi perputaran ekonomi lebaran tahun sebelumnya yakni Rp240,01 triliun,” kata Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati, dalam "The Extended Weekly Brief with Sandi Uno" sebagaimana dikutip dari keterangan resmi.

Terkait prediksi angka ini sangat dipengaruhi oleh potensi pergerakan masyarakat selama periode libur Lebaran 2024. Menurut prediksi Kementerian Perhubungan, diperkirakan akan ada sekitar 193,6 juta orang yang melakukan mobilitas selama libur Lebaran ini.

Angka ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan masa Lebaran tahun 2023, di mana jumlah orang yang melakukan mobilitas mencapai 123,8 juta orang.

Pemerintah Siapkan Rp15,3 Miliar untuk Subsidi Mudik Gratis Via Transportasi Laut

Didominasi Pulau Jawa

Pergerakan wisatawan nusantara selama libur Lebaran 2024 diperkirakan akan banyak mengarah ke Pulau Jawa, dengan tiga daerah tujuan utama yaitu Jawa Tengah (61,6 juta orang), Jawa Timur (37,6 juta orang), dan Jawa Barat (32,1 juta orang).

Pelaku perjalanan berasal dari daerah Jawa Timur sebesar 16,2%, Jabodetabek sebesar 14,7%, dan Jawa Tengah sebesar 13,5%, dengan menggunakan empat moda transportasi yaitu kereta, bus, mobil, dan motor pribadi.

Soal preferensi daya tarik wisata di musim Lebaran menurut hasil analisis sementara dari survei yang dilakukan Kemenparekraf adalah pantai/danau, pusat kuliner, pegunungan/agrowisata, taman rekreasi/kebun binatang, dan pusat perbelanjaan.

Sementara destinasi wisata favorit di libur Lebaran tahun ini adalah D.I. Yogyakarta meliputi Malioboro dan Parangtritis; Jawa Tengah yakni Borobudur; Jawa Timur yakni Bromo; Jawa Barat meliputi Ciwidey, Pangandaran, dan Lembang; serta Jabodetabek meliputi Puncak Bogor dan Ragunan. Rata-rata durasi berwisata mencapai 2 hingga 4 hari atau 1 hari (day trip).

“Kami berharap kesiapan dari destinasi baik keamanan dan kenyamanan menjadi bagian yang penting juga dalam menghadirkan kelancaran di momen libur lebaran tahun ini,” kata Dessy.

Tips Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini