5 Fakta Tol Bocimi, Jalan Penghubung Bogor-Sukabumi di Jawa Barat

5 Fakta Tol Bocimi, Jalan Penghubung Bogor-Sukabumi di Jawa Barat
info gambar utama

Inilah 5 fakta Tol Bocimi, jalan tol yang terletak di Jawa Barat dan menghubungkan Bogor dengan Sukabumi.

Jalan Tol Bogor–Ciawi–Sukabumi atau Jalan Tol Bocimi adalah andalan bagi masyarakat untuk berpergian dari dan menuju Sukabumi. Tidak hanya dari Bogor, masyarakat dari Jakarta dan kota-kota lainnya pun bisa dengan mudah mencapai Sukabumi dengan tol ini.

Tol Bocimi bisa dibilang adalah jalan tol yang masih relatif baru. Berikut adalah 5 fakta Jalan Tol Bocimi yang perlu disimak Kawan GNFI:

1. Direncanakan sejak 1997

Rencana untuk membangun Tol Bocimi ternyata sudah ada sejak tahun 1997. Saat itu, investornya pun sudah ditentukan.

Meski sudah ada investor, pembangunan tak langsung dilakukan. Rencana membangun tol Bocimi pun tak terwujud selama bertahun-tahun.

2. Dibangun 2011, Diresmikan 2016

Pembangunan Tol Bocimi baru benar-benar dimulai pada 2016. Kemudian pada 2018, seksi pertama tol ini selesai dibangun, yakni ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,4 kilometer.

Peresmian ruas tol ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Desember 2018. Setelah Seksi 1 selesai, pembangunan pun berlanjut ke seksi berikutnya.

3. Punya 4 Seksi

Tol Bocimi punya berapa seksi? Pertanyaan itu bisa saja terlontar oleh masyarakat yang mengikuti berita mengenai perkembangan pembangunan tol ini.

Secara keseluruhan, jalur Tol Bocimi yang membentang dari Bogor ke Sukabumi direncanakan punya 4 seksi.

Untuk saat ini, Tol Bocimi baru mengoperasikan Seksi 1 dengan ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer, dan Seksi 2 yang menghubungkan Cigombong dengan Cibadak sepanjang 11,9 kilometer.

Saat ini, pembangunan Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat masih berlangsung. Pemerintah menjanjikan ruas tersebut akan diresmikan setelah Hari Raya Idulfitri 2024.

4. Biaya Pembangunan Tol Bocimi

Sebagai proyek besar, tentu pembangunan Tol Bocimi membutuhkan dana besar. Berapa nilainya?

Ternyata, pembangunan Seksi I nilai kontraknya adalah 1,369 triliun. Lalu untuk Seksi II, dana yang digunakan adalah sebesar Rp3,2 triliun yang didapat dari Penyertaan Modal Negara (PMN). Sementara itu untuk Seksi 3, pemerintah dilaporkan menyiapkan anggaran sebesar Rp2,5 triliun.

5. Jakarta-Sukabumi Cuma 2,5 Jam

Salah satu keuntungan dari adanya jalan tol adalah waktu tempuh yang lebih cepat. Dengan Tol Bocimi, waktu perjalanan dari dan menuju Sukabumi pun demikian.

Meski baru dua seksi yang selesai dibangun, Tol Bocimi mampu memperpendek waktu perjalanan Jakarta-Sukabumi dan sebaliknya menjadi hanya 2,5 jam, sementara sebelumnya bisa lebih dari 5 jam.

Jalan Tol Yogya-Bawen Ruas Banyurejo-Sleman Selesai Kuartal Awal 2025

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini