22 Kuliner Labuan Bajo, dari Makanan hingga Camilan dan Minuman

22 Kuliner Labuan Bajo, dari Makanan hingga Camilan dan Minuman
info gambar utama

Kuliner khas Labuan Bajo merupakan daya pikat istimewa dari kawasan yang ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) mendampingi Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, dan Likupang.

Dari tarik Labuan Bajo tidak hanya Komodo, pulau-pulau eksotik, dan kekayaan alam yang memesona. Wisatawan tentu tidak akan melewatkan beragam kuliner yang memikat lidah dan menorehkan kenangan.

Sejumlah kuliner khas dari wilayah yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, layak mendapat rekomendasi. Untuk mengenal lebih jauh, mari ditelusuri kuliner makanan dan minuman, hingga aneka camilan atau kudapan.

10 Makanan Khas NTT (Nusa Tenggara Timur) Unik dan Lezat

Makanan khas Labuan Bajo

Labuan Bajo tentu saja mampu menyuguhkan beragam kuliner sesuai dengan kondisi kawasan yang khas. Itulah sisi lain dari keunikan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang satu ini. Menu-menu berikut ini layak dicoba, sebab bukan saja akan memanjakan lidah. Melainkan juga untuk menorehkan momen untuk dikenang.

Jagung Bose

Ketika bersantap di Labuan Bajo, jangan lupa memesan menu yang satu ini. Jagung Bose ini merupakan olahan makanan berkuah dari jagung putih tumbuk berpadu dengan kacang merah, serta santan dan bumbu perasa. Bagi masyarakat Bajo, menu ini bukan sekadar lauk, tetapi lazim sebagai pengganti nasi.

Jagung Catemak

Berbeda dengan Jagung Bose yang menggunakan jagung putih, untuk olahan kuliner ini menggunakan jagung kuning. Proses mengolahnya adalah memadukan jagung dan labu lilin, serta kacang hijau. Cita rasa cenderung asin sebagai lauk yang dimakan bersama nasi.

Rumpu Rampe

Kuliner ini tampak sederhana sebab merupakan olahan daun dan bunga pepaya. Bahan-baham ini diramu dengan bumbu atau rempah khas yang umum digunakan di Labuan Bajo. Siap menerbitkan selera makan mendampingi lauk lain.

Kolo

Nama menu oleh penduduk Labuan Bajo disebut kalo atau kolo. Melihat penampakannya, bisa disebut sebagai nasi bakar bambu. Sebagai isian, biasanya ikan atau bahan lainnya, disertai bumbu. Menjadi mirip arem-arem dalam ukuran lebih besar.

Ikan kuah asam

Menu khas dari Labuan Bajo tentu saja melibatkan kehadiran ikan sebagai bahan utamanya. Untuk ikan kuah asam, yang digunakan adalah jenis ikan kerapu atau kakap. Proses mengolahnya menggunakan belimbing wuluh sehingga berkuah bening rasa asam.

Sambal ikan teri

Meskipun nama menu ini terdapat kata “sambal”, masakan khas ini mengolah ikan teri menjadi lauk santapan. Ikan teri yang digunakan adalah ikan teri segar. Bahan utama lainnya adalah kacang tanah goreng, dan disajikan dengan irisan daun jeruk.

Tumis bunga pepaya

Mirip dengan wilayah lain di Indonesia, masyarakat Labuan Bajo juga mengenal olahan kuliner ini. Bahan utama bunga pepaya yang ditumis akan menjadi berbeda ketika bumbu yang digunakan adalah khas daerah setempat.

Ikan kering

Labuan Bajo termasuk wilayah dengan kekayaan hasil laut yang melimpah, termasuk aneka ikan yang dapat dikonsumsi. Salah satu cara mengolah ikan di sana adalah dengan mengeringkannya. Namun, ikan kering Labuan Bajo tentu memiliki kekhasan, yang bisa disantap di sana atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Aneka seafood

Selain ikan, aneka hasil laut konsumsi di Labuan Bajo layak disantap sebagai kekhasan kuliner setempat. Faktor pembedanya tentu saja berasal dari cita rasa bumbu atau rempah lokal. kuliner ini semakin asyik bila disantap di tepi pantai.

Camilan khas Labuan Bajo

Labuan Bajo sebagai satu dari lima kawasan yang ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP), tidak hanya menarik dari suguhan makanannya. Aneka olahan camilan atau kudapan berikut ini, khas dan layak dicicipi.

8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Terpopuler yang Wajib Dibawa Pulang

Kue Jintan

Kudapan khas Labuan Bajo ini merupakan kue kering. Tekstur renyah, terbuat dari bahan jintan, tepung, telur, dan mentega. Secara penampilan, kue jintan mirip kuliner khas Betawi bernama biji ketapang.

Rebok

Rebok tak lain adalah parutan kelapa, yang dalam prosesnya disangrai bersama tepung terigu. Parutan kepala ini menghasilkan cita rasa gurih. Sebagai gambaran, rebok mirip dengan sagon meskipun secara tekstur tidak padat seperti sagon.

Roti Kompyang

Roti Kompyang adalah kuliner khas yang layak dicicipi di Labuan Bajo. Kudapan ini mirip roti burger dengan taburan biji wijen pada permukaannya. Namun demikian, teksturnya agak keras melalui proses pemanggangan di atas bara.

Bepalaya

Bepalaya disebut juga dengan nama bepalaya bugis. Camilan ini memiliki kemiripan dengan roti kompyang. Perbedaannya, selain menggunakan tepung beras, tidak terdapat taburan wijen di permukaan rotinya.

Kue pisang

Kudapan asal Labuan Bajo yang satu ini disebut juga banana cake. Berdasarkan adonan, kue ini mirip dengan kue bolu pada umumnya. Faktor pembeda tentu saja pada buah pisang. Pada camilan ini, terdapat potongan pisang di dalamnya.

Pia Bajo

Camilan satu ini mirip dengan pia-pia yang banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Tekstur sisi luarnya renyah, sementara bagian dalamnya lembut. Pia Labuan Bajo ini tersedia dalam berbagai varian rasa, misalnya cokelat, keju, atau kacang hijau.

Minuman khas Labuan Bajo

Tidak lengkap bila tidak menghadirkan aneka minuman khas yang berasal dari kawasan Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP) Labuan Bajo. Berikut ini beragam minuman khas melengkapi kopi Flores atau kopi Manggarai yang telah lama terkenal.

Menilik Potensi Wisata Alam, Budaya, Rohani, Hingga Kuliner di Floratama

Moke

Moke termasuk minuman tradisional yang berasal dari pohon siwalan atau enau. Kandungan alkohol dalam moke cukup tinggi. Itu sebabnya minuman ini dikonsumsi sebagai penghangat tubuh, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang cenderung bersuhu dingin.

Susu jagung

Minuman unik ini sejenis jus yang diolah dari jagung. Dengan kekhasan ini, susu jagung ini menjadi minuman khas dan menambah khazanah kuliner setempat. Menambah alternatif suguhan bagi wisatawan.

Teh Kelor

Sesuai namanya, teh kelor menggunakan daun kelor yang diolah menjadi minuman khas. Kandungan daun kelor yang menyehatkan, membuat teh kelor menjadi mudah dikonsumsi.

Susu kuda liar

Susu hewani ini berasal susu kuda liar yang banyak terdapat di Nusa Tenggara Timur (NTT). Itu sebabnya kawasan ini menghasilkan susu kuda liar yang kualitas tinggi. Minuman ini layak dicicipi untuk melengkapi pengalaman dalam berwisata.

Brem Flores

Minuman unik dan khas ini dibuat dari bahan ketan melalui proses difermentasi. Brem Flores biasanya disajikan untuk keperluan acara adat. Sebelum meminumnya, perlu diingat bahwa minuman ini memgandung alkohol.

Kopi Flores

Salah satu minuman yang selayaknya dicicipi saat berwisata ke Labuan Bajo adalah kopi khas asal Flores ini. Kopi Flores ini diolah secara tradisional sehingga mampu mempertahankan cita rasanya yang khas.

Kopi Manggarai

Satu lagi jenis kopi yang wajib dicoba, tentu saja kopi Manggarai. Kopi Manggarai tersedia dalam dua jenis, yakni robusta dan arabika. Terlepas dari mana yang paling enak, keduanya patut dicicipi untuk melengkapi wisata kuliner di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

Sumber:
• https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/pl-makanan-khas-labuan-bajo/187104
• https://inspiretravel.id/12-kuliner-khas-labuan-bajo-yang-patut-di-coba-saat-liburan/
• https://tripflores.com/blog/7-minuman-khas-flores-yang-wajib-di-coba/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini