Pentingnya Desain Grafis dalam Media terkini

Pentingnya Desain Grafis dalam Media terkini
info gambar utama

Semakin berkembangnya era, semua informasi, berita, pesan suara atau gambar kini banyak dikemas dalam media digital yang tersebar dimana-mana. Dengan berkembangnya teknologi ini peran desain grafis kini sangat krusial dalam mengembangkan penyampaian pesan melalui perjalanan visual yang lebih memuaskan.

Dalam Artikel ini, kita akan menjelajah lebih dalam terkait definisi dan penggunaan desain grafis, peranannya dalam era terkini, tipe-tipe dan juga prospek ke depannya nanti.

Definisi dan Penggunaan Desain Grafis

Desain grafis sendiri ialah salah satu cara komunikasi atau penyampaian informasi dalam bentuk visual yang lebih menarik. Desain grafis ini biasanya melibatkan elemen-elemen seperti teks, gambar, dan grafik dalam penyampaian pesannya yang lebih efektif.

Desain grafis juga biasanya digunakan dalam berbagai konteks, termasuk periklanan, branding, media sosial, desain web, publikasi cetak, dan lain-lain.

AIESEC Future Leaders, Program AIESEC in UNILA untuk Seluruh Pemuda di Lampung

Peranan Terkini

Saat ini desain grafis kini tidak hanya digunakan dalam media cetak konvensional saja, media sosial maupun media hiburan juga banyak memanfaatkan para desainer grafis dalam meningkatkan pengalaman terbaik costumer mereka melalui desain-desain interaktif pada beranda media mereka.

Yang menjadi peran utama desain grafis ialah meningkatkan efek visual yang lebih menarik dalam menjaga brand maupun mempromosikan merek.

Tipe-Tipe Desain Grafis

Beberapa tipe desain grafis yang kini banyak digunakan dalam media ialah:

  1. Brand atau merek: penggunaan desain grafis banyak digunakan dalam pembuatan identitas media seperti desain situs web, logo, maupun iklan.
  2. Desain web: dalam media terkini desain grafis banyak dibutuhkan dalam pembuatan juga penyusunan situs, hal ini meliputi tampak visual beranda, penempatan juga layout-layout yang dapat mempermudah pengguna.
  3. Desain iklan: dengan ramainya industri bisnis media online kini gencar ditargetkan oleh beberapa pihak marketing dalam industri terutama dalam bidang periklanan seperti membuat gaya khas, kemasan, ataupun yang lainnya.
  4. Desain ilustrasi: selain bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan visual yang lebih menarik desain grafis banyak digunakan untuk menceritakan ide ataupun konsep melalui tampak visual yang meliputi gambar-gambar, warna, ataupun gaya yang khas.
  5. Desain multimedia: dalam pembuatannya desain multimedia ini meliputi segala hal yang dapat membantu meningkatkan kualitas media, biasanya desain grafis ini menggabungkan elemen-elemen menarik seperti gambar, foto, video, ataupun audio yang dapat menciptakan pengalaman menarik bagi setiap pengguna.

Prospek Desain Grafis

Selain karena perkembangan dan juga transisi dalam digitalisasi dan teknologi, desain grafis memiliki prospek yang lebih luas seiring dengan pertambahan nilai bisnis. Kebutuhan para desainer dalam lingkup bisnis sangat dicari dan dibutuhkan dalam persaingan juga perkembangan dalam media bisnis. Mulai dari pembuatan logo, periklanan dan juga branding bisnis, desain grafis juga berperan dalam menjaga brand bisnis juga meningkatan daya tarik dan pengalaman lebih menarik bagi setiap costumernya dalam media-media bisnis yang tersebar.

Program Kolaborasi Ibu Kota Nusantara dengan AIESEC Indonesia Guna Mencapai Green Economy

Melihat pentingnya dan besarnya peran desain grafis dalam media terkini, desain grafis juga memiliki bukti nyata dalam perannya nanti seiring dengan perkembangan teknologi, belum lagi dengan banyaknya media yang akan muncul dan berkembang nanti.

Oleh karena itu jika kamu mau mulai belajar mengenai desain grafis untuk mempersiapkan skiil di era teknologi seperti saat ini, AIESEC Future Leader adalah jawabannya. Program inkubasi yang disediakan oleh AIESEC in Unpad, kini menawarkan topik yang beragam, salah satunya mengenai Desain Grafis. Informasi mengenai AFL bisa kamu dapatkan melalui instagram @aiesec.unpad atau melalui link berikut ini aiesec.or.id/AFLRegistrationSummer24

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini