AIESEC Future Leaders, Program AIESEC in UNILA untuk Seluruh Pemuda di Lampung

AIESEC Future Leaders, Program AIESEC in UNILA untuk Seluruh Pemuda di Lampung
info gambar utama

Sebagai anak muda, seringkali merasa ingin mempelajari banyak hal, mulai dari soft skill dan juga hard skill. Selain itu, memperluas relasi secara lokal, nasional, maupun internasional juga menjadi hal yang diinginkan oleh banyak orang. Terlebih lagi, sebagai pelajar dan mahasiswa yang nantinya akan terjun di dunia profesional, pengembangan diri sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan hal tersebut. Dengan demikian, kita lebih kompeten dan menjadi lebih mudah untuk mempersiapkan masa depan karena memiliki skill-skill yang baik dan relasi yang luas.

Namun bagi banyak orang seringkali merasa bingung tentang bagaimana cara megembangkan skill-skill sekaligus memperluas relasi. Oleh karena itu tenang saja, karena AIESEC memiliki program bernama AIESEC Future Leaders (AFL) bagi Kawan yang ingin produktif untuk mengembangkan soft skill dan hard skill serta memperluas relasi.

Dan bagi Kawan yang merupakan anak muda termasuk pelajar kelas 3 SMA dan mahasiswa yang tinggal di Lampung sangat cocok sekali untuk mengikuti program AIESEC Future Leaders yang diselenggarakan oleh AIESEC in Unila.

Jadi, AIESEC Future Leaders (AFL) by AIESEC in Unila adalah program pengembangan diri selama 3 bulan yang dikemas dalam bentuk sesi-sesi interaktif dengan pemateri berkualitas untuk kaum muda mengembangkan keterampilan dan bertukar pikiran satu sama lain, melalui kurikulum yang terfokus dan bimbingan coach yang berpengalaman.

AIESEC in UMM, Youth Enpowerment with Traditional Heritage

Mari berkenalan lebih lanjut dengan aktivitas, kurikulum, hingga manfaat dari mengikuti AFL oleh AIESEC in Unila edisi Summer yang akan dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2024.

Dokumentasi Pribadi

Pada AFL summer oleh AIESEC in Unila yang akan datang pada April 2024, akan diisi dengan berbagai aktivitas yang sangat bermanfaat bagi setiap peserta yang mengikutinya. Dimulai dengan Induction yang akan menjadi kesempatan pertama bagi peserta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang AFL dan apa saja persiapan pada program AFL. Sehingga hal ini akan membantu peserta untuk mempersiapkan diri secara optimal.

Selanjutnya, ada Networking Space yang menjadi tempat bagi peserta untuk memperluas relasi dan koneksi dengan sesama peserta AFL AIESEC in Unila. Sebab, sesi kegiatan ini dirancang untuk memfasilitasi interaksi antara peserta AFL AIESEC in Unila untuk dapat memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan sesama peserta.

Seruni 2.0, Langkah Inisiatif AIESEC in Unsri untuk Mendorong Pendidikan Inklusi

Ada juga National Networking Space yang membuka koneksi dan relasi yang semakin luas, karena memungkinkan peserta AFL di Indonesia untuk dapat saling berinteraksi dan berbagi pengalaman serta berdiskusi. Kemudian pada Bi-Weekly Sessions akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengasah soft-skills dan hard-skills mereka dengan materi yang bermanfaat yang dibawakan oleh pembicara yang kompeten sesuai bidangnya.

Selanjutnya, Coaching Session yang dirancang untuk mengevaluasi materi yang telah dipelajari dengan diskusi bersama coach untuk membahas kembali sesi Bi-Weekly yang telah diikuti.

Tidak hanya sesi materi dan juga evaluasi, acara dilengkapi dengan Special Track Activities yang bermanfaat kepada peserta dalam implementasi ilmu yang didapat dari sesi Bi-Weekly sebagai upaya pengembangan keterampilan mereka dengan AFL. Sedangkan Activating Leadership Support menjadi serangkaian sesi dengan tujuan untuk membantu peserta untuk merencanakan langkah-langkah selanjutnya setelah menyelesaikan program AFL.

Acara dilanjutkan dengan Debrief yang terdapat di akhir program AFL dan menjadi ruang diskusi bagi peserta untuk berbagi pengalaman kepemimpinan dan menganalisa personal goals achievement mereka. Sesi paling terakhir AFL tersebut adalah National Graduation yang mana menjadi acara kelulusan bagi seluruh peserta AFL di Indonesia setelah mengikuti program AFL selama tiga bulan.

Dokumentasi Pribadi

Setelah mengetahui aktivitas-aktivitas yang akan dilaksanakan, selanjutnya terdapat kurikulum yang akan digunakan pada AFL oleh AIESEC in Unila edisi Summer 2024 ini. Dalam Kurikulum AFL ini, pengembangan pribadi dan profesional peserta menjadi fokus utama. Sebab di setiap bulan, peserta akan mengikuti beragam sesi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam berbagai aspek.

Pada bulan pertama, AFL akan memiliki fokus pada Inner Leadership dan Problem Solving. Dengan demikian, peserta dapat menemukan korelasi antara inner leadership dan menjadi pemimpin yang efektif untuk orang lain serta memahami tentang bagaimana pemecahan masalah dan langkah-langkahnya.

Selanjutnya, pada bulan kedua akan berfokus pada Project Management dan mempelajari tentang Google Workspace yang berguna untuk meningkatkan produktivitas. Dan di bulan ketiga akan ada Company Visit yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi terkait permasalahan di perusahaan untuk mencari solusinya. Harapannya, peserta akan memahami keterampilan analytical skills untuk pemecahan masalah.

Program Kolaborasi Ibu Kota Nusantara dengan AIESEC Indonesia Guna Mencapai Green Economy

Melalui AIESEC Future Leaders, peserta akan mendapatkan berbagai manfaat yang sangat bernilai. Seperti akan merasakan pengalaman praktik kepemimpinan yang berharga, disertai dengan pengembangan diri yang efektif. Mereka juga akan mendapatkan relasi yang luas dengan para pemuda lainnya sembari meningkatkan keterampilan soft skill dan hard skill mereka.

Selain itu, mereka juga akan menerima merchandise dan e-certificate sebagai pengakuan atas partisipasi dan pencapaian mereka dalam program.

Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan ini dengan bergabung bersama AIESEC Future Leaders oleh AIESEC in Unila yang masih menerima pendaftaran dari tanggal 9 Maret—12 April 2024. See you, Future Leaders!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini