Ketepatan Jadwal Kereta Api Saat Lebaran 2024 Mendapat Pujian dari Presiden Jokowi

Ketepatan Jadwal Kereta Api Saat Lebaran 2024 Mendapat Pujian dari Presiden Jokowi
info gambar utama

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang menjadi andalan bagi para pemudik. Selain dinilai menjadi transportasi umum dengan biaya yang cukup ekonomis, kereta api juga menjadi pilihan transportasi bebas hambatan karena dapat terhindar dari kemacetan. Bahkan, jadwal keberangkatan juga cenderung tepat waktu.

EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan bahwa ketepatan waktu merupakan salah satu nilai tambah yang KAI tawarkan untuk masyarakat.

"Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet sehingga diminati oleh para pemudik," ujar Agus, Minggu (14/4/2024).

Agus menambahkan, selama masa angkutan Lebaran 2024 keakuratan waktu perjalanan kereta api (KA) telah sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Ketepatan waktu jadwal keberangkatan kereta api dari Jakarta selama masa angkutan Lebaran 2024 mencapai 100 persen. Hal ini lantas mendapat pujian dari Presiden RI, Joko Widodo.

"Sehingga, mendapatkan pujian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memantau arus mudik Lebaran 2024 di Stasiun Pasar Senen," imbuhnya.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, On time arrival atau kedatangan tepat waktu KA jarak jauh mencapai 93,3 persen, sedangkan KA lokal mencapai 99,3 persen.

Kereta Api jadi Transportasi Andalan Mudik Lebaran, 475 Ribu Penumpang dari Jakarta

Jumlah Perjalanan Kereta Api saat Lebaran 2024

Selama mobilitas Lebaran 2024 terhitung sejak 31 Maret-13 April, KAI telah mengoperasikan sebanyak 3.576 perjalanan KA jarak jauh. Ini artinya, rata-rata perjalanan kereta api sekitar 238 KA per hari.

Sementara itu, jumlah penumpang KA jarak jauh pada periode tersebut telah mencapai 2.255.291 penumpang atau rata-rata sekitar 161.092 penumpang per hari.

Sebagai informasi, KAI menetapkan masa angkutan Lebaran 2024 periode 31 Maret-21 April. Per hari Minggu ini, tiket KA jarak jauh yang sudah dibeli pada periode tersebut sebanyak 3.230.628 tiket. Angka tersebut akan terus bertambah seiring berlangsungnya arus balik Lebaran 2024.

"Mulai Jumat, 12 April (H+1) arus balik sudah mulai terjadi dan diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada hari Minggu, 14 April 2024 (H+3) dengan jumlah penumpang sementara ini sudah sebanyak 198.098 orang. Angka tersebut masih bisa bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung," kata Agus.

Okupansi Capai 90%, Tiket Kereta Api H-7 Lebaran Hampir Ludes Terjual

Daftar KA Jarak Jauh Paling Banyak Digunakan Penumpang

Berikut daftar kereta api jarak jauh favorit dan paling banyak digunakan oleh penumpang selama masa Lebaran 2024.

  1. KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi (PP)
  2. KA Kertajaya relasi Pasarsenenen - Surabaya Pasarturi (PP)
  3. KA Jayakarta relasi Pasarsenen - Surabaya Gubeng (PP)
  4. KA Matarmaja relasi Pasarsenen - Malang (PP)
  5. KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar (PP)
  6. KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng (PP)
  7. KA Joglosemarkerto relasi melingkar Jawa Tengah
  8. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Ketapang (PP)
  9. KA Bengawan relasi Pasarsenen - Purwosari (PP)
  10. KA Serayu relasi Pasarsenen - Purwokerto (PP)
Sejarah Rel Kereta Api Rangkasbitung-Labuan, Peninggalan Belanda yang Akan Hidup Lagi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini