Okupansi Capai 90%, Tiket Kereta Api H-7 Lebaran Hampir Ludes Terjual

Okupansi Capai 90%, Tiket Kereta Api H-7 Lebaran Hampir Ludes Terjual
info gambar utama

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat okupansi beberapa kereta api yang bertolak dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, sepekan menjelang lebaran (5–9 April) sudah mencapai 90 persen per kereta api.

Masyarakat tak perlu khawatir kehabisan tiket kereta api lantaran masih ada sekitar 443.046 kursi untuk jadwal keberangkatan 8 hari pra Lebaran, yakni tanggal 31 Maret–8 April atau H-10 sampai H-2 Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, jumlah pemesanan tiket dan ketersediaan tempat duduk masih dapat berubah mengingat penjualan masih berlangsung dan masih ada program KA tambahan yang akan dijalankan.

Kemana tujuan favorit masyarakat?

Ixfan mengungkapkan sejumlah tujuan favorit untuk kereta api dari area Daop 1 Jakarta periode Lebaran tahun ini, di antaranya Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen, dan Kroya.

Sementara untuk program pemberangkatan KA tambahan, Daop 1 Jakarta disebut bakal melakukan sosialisasi kembali terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa angkutan Lebaran.

PT KAI berharap agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Tiket sudah tersedia di aplikasi KAI Access, dan dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

Baca juga Asyik! Jalan-jalan Saat lebaran 2024 Bisa Lewat Jalan Tol Jogja-Solo

Syarat pemesanan tiket KA Lebaran 2024

Berikut syarat dan ketentuan pemesanan tiket kereta api masa libur Lebaran 2024:

  • Tiket KA Lebaran untuk keberangkatan tanggal 31 Maret 2024 (H-10 Lebaran), sudah dapat dipesan mulai tanggal 15 Februari 2024.
  • Pemesanan tiket KA Lebaran 2024 dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, Call Center 121, aplikasi online travel agent (OTA), dan mitra resmi penjualan lainnya yang bekerja sama dengan KAI.
  • Loket di stasiun hanya melayani tiket go show, mulai dari tiga jam sebelum keberangkatan kereta.
Baca juga Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak? Fisika dan Keselamatan Jadi Alasannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini