20 Bandara Layani 309.477 Orang saat Puncak Arus Balik Lebaran 2024

20 Bandara Layani 309.477 Orang saat Puncak Arus Balik Lebaran 2024
info gambar utama

Dua puluh bandara milik PT Angkasa Pura (AP) II melayani 309.477 penumpang pesawat pada puncak arus balik Lebaran 2024 atau H+4, Selasa (15/4). Airport Operation Division AP II mencatat, jumlah pergerakan tersebut melonjak 24 persen daripada H+4 Lebaran tahun lalu, yaitu 249.090 orang.

Di samping itu, pergerakan pesawat mencapai 2.010 penerbangan, naik 11 persen dari periode yang sama pada tahun lalu, yakni 1.808 penerbangan. Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, memberangkatkan 186.774 penumpang pada puncak arus balik dengan 1.153 penerbangan.

“Titik penting pada aspek operasional dan pelayanan dapat dijaga dengan baik, sehingga alur keberangkatan dan kedatangan penumpang pada puncak arus balik berjalan lancar,” tutur VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/2024).

3 Bandara AP II Borong 10 Penghargaan Terbaik di Asia Pasifik

Operasional dan pelayanan bandara AP II pada puncak arus balik, kata Asmoro, berjalan lancar berkat kolaborasi sejumlah stakeholder. Dia bilang, maskapai dan ground handling sampai menambah personel untuk pelayanan bagasi, mulai dari penurunan bagasi dari pesawat, penanganan bagasi di make up area, hingga bagasi siap diambil penumpang di baggage claim area dalam terminal.

“Penambahan personel contohnya ada di Bandara Soekarno-Hatta, di mana operator ground handling menambah lebih dari 100 personel di Terminal 2,” ujar Asmoro.

Bukan itu saja, ketersediaan transportasi publik, menurut Asmoro, juga menjadi faktor penting yang membantu penumpang pesawat bisa lebih cepat menuju tempat tinggal masing-masing. Bandara Soekarno-Hatta, misalnya, mengatur transportasi publik dengan baik melalui fasilitas Land Transport Control Center (LTCC), sehingga taksi, bus, dan moda lainnya, dapat memenuhi permintaan yang tinggi.

Kemudian, maskapai pun berperan signifikan dalam menjaga kelancaran penerbangan saat puncak arus balik. Asmoro menyebut, rata-rata ketepatan waktu penerbangan atau on time perfomance (OTP) di 20 bandara AP II berkisar 75—80 persen. Dia menekankan, seluruh stakeholder di bandara AP II memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan udara selama periode angkutan Lebaran 2024.

Stakeholder saling mengisi satu sama lain dan melalui orkestrasi yang baik di Posko Monitoring Lebaran 2024, puncak arus balik berjalan lancar di seluruh bandara AP II,” tutup Asmoro.

5 Bandara RI Buka Rute Baru, Terbang Langsung ke Qatar hingga China

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini