5 Bandara RI Buka Rute Baru, Terbang Langsung ke Qatar hingga China

5 Bandara RI Buka Rute Baru, Terbang Langsung ke Qatar hingga China
info gambar utama

Lima bandara milik PT Angkasa Pura (AP) II membuka rute penerbangan baru pada Januari—Februari 2024. Bandara Kualanamu di Medan, salah satunya, bersama maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan langsung (direct flight) Medan—Doha mulai 15 Januari.

Pembukaan rute-rute baru bertujuan untuk mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat dan meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata serta perekonomian nasional. Di samping itu, AP II berupaya menjaga momentum pertumbuhan lalu lintas penerbangan setelah dihantam pandemi Covid-19 pada 2020—2022.

“Kami berharap ini semakin memudahkan perjalanan udara masyarakat, baik untuk pariwisata atau perjalanan bisnis. Tentunya pembukaan rute memperhatikan potensi dan permintaan yang ada,” kata SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo dalam keterangan tertulis, Minggu (21/1/2024).

Inilah Bandara Tersibuk dan Maskapai Paling Tepat Waktu saat Libur Nataru 2024

Daftar bandara AP II yang buka rute baru per 21 Januari 2024

1. Bandara Kualanamu

Maskapai Qatar Airways akan mengoperasikan rute Medan—Doha sebanyak 3 kali dalam sepekan menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 787 Dreamliner. Menurut Direktur Operasi AVI Heriyanto Wibowo, pembukaan rute Medan—Doha dan sebaliknya dapat memperkuat upaya Bandara Kualanamu menjadi bandara hub.

“Penumpang pesawat atau wisatawan dari Doha dapat berwisata di Sumatra Utara serta destinasi-destinasi wisata di Indonesia lainnya melalui Bandara Kualanamu,” tuturnya.

2. Bandara Radin Inten II

Bandara Radin Inten II membuka konektivitas Lampung—Denpasar yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi 4 kali dalam sepekan. Rute baru ini menghubungkan dua destinasi wisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantainya.

“Kami berharap rute antara dua destinasi wisata ini, yakni Lampung—Denpasar, akan semakin menggairahkan pariwisata nasional,” ujar Untung Basuki, Executive General Manager Bandara Radin Inten II.

Angkasa Pura I dan II Merger, Jadi Operator Bandara Terbesar ke-5 di Dunia

3. Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta bakal membuka dua rute penerbangan baru. Pertama, rute Jakarta—Kota Kinabalu, Malaysia, pada 6 Februari 2024 yang dioperasikan Indonesia AirAsia. Kedua, rute Jakarta—Nanning, China, yang dioperasikan maskapai Sichuan Airlines pada Januari atau Februari mendatang.

“Sebagai bandara tersibuk di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta berupaya untuk terus meningkatkan kontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan pariwisata dan perekonomian nasional melalui konektivitas penerbangan,” ucap Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda.

4. Bandara Minangkabau

Bandara Minangkabau bersama maskapai Lion Air membuka rute Padang—Surabaya mulai 18 Januari. Bukan itu saja, pada 24 Januari nanti, Super Air Jet bakal membuka rute penerbangan Padang—Medan.

5. Bandara Sultan Syarif Kasim II

Bandara Sultan Syarif Kasim II dan maskapai Lion Air kembali membuka rute penerbangan Pekanbaru—Surabaya mulai 13 Januari lalu. Rute ini sempat ditutup akibat pandemi Covid-19.

“Rute Pekanbaru—Surabaya kembali diaktifkan pada Januari 2024, menandakan pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II berjalan dengan baik,” sebut Radityo Ari Purwoko, EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Dalam waktu dekat, bandara lainnya di bawah naungan AP II akan membuka rute baru juga dan menambah frekuensi penerbangan di rute yang sudah ada. AP II akan menyampaikan perkembangan informasi tersebut secara berkala.

“Kami berharap bandara AP II tahun ini dapat meningkatkan kontribusi pada sektor pariwisata dan perekonomian nasional,” tutup Deni Krisnowibowo.

Sejak 2015, Pemerintah Bangun 25 Bandara Baru hingga Pedalaman Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini