Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022, Aturan Penggunaan Seragam Sekolah di Indonesia

Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022, Aturan Penggunaan Seragam Sekolah di Indonesia
info gambar utama

Baru-baru ini masyarakat Indonesia tengah dihebohkan akan adanya isu penerapan seragam sekolah baru bagi setiap peserta didik, baik di tingkat SD, SMP, hingga SMA yang mulai diterapkan pada tahun ini.

Meskipun belum diketahui secara pasti kebenaran dari informasi tersebut, banyak warganet yang sudah mulai meresahkan kabar akan adanya pergantian model seragam sekolah tersebut.

Banyak faktor yang membuat warganet memberikan reaksi terkait kabar pergantian model seragam sekolah ini, mulai dari urgensi penerapan aturan baru, hingga kondisi ekonomi setiap keluarga yang mesti mengeluarkan biaya lagi untuk membeli seragam baru untuk bersekolah.

Hal inilah yang membuat kabar tentang pergantian model seragam tersebut cukup banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia, khususnya di dunia maya.

Namun, apakah benar ada pergantian seragam sekolah baru yang akan mulai diterapkan bagi setiap peserta didik pada 2024 ini?

Mengenal Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022

Jika dilihat dari peraturan yang berlaku, sebenarnya tidak ada perubahan dalam penggunaan seragam sekolah pada 2024.

Dilansir dari laman Peraturan.go.id, aturan tentang seragam sekolah di Indonesia masih merujuk kepada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 50 Tahun 2022 Tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Aturan yang ditetapkan pada 7 September 2022 lalu ini masih memiliki status berlaku dan belum ada pembaharuan terkait peraturan tersebut.

Artinya, kabar bahwa akan ada pergantian model seragam yang mulai diterapkan dan berlaku pada tahun ini tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Sebab, belum ada peraturan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia terkait pergantian model seragam sekolah tersebut.

Heboh Seragam Sekolah Diganti Usai Lebaran, Begini Penjelasan Kemdikbud RI

Aturan Tentang Seragam Sekolah

Ilustrasi Aturan Seragam Sekolah | Unplash/Ed Us
info gambar

Berdasarkan aturan Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022, jenis seragam sekolah yang digunakan oleh setiap peserta didik di Indonesia adalah.

1. Seragam Nasional

Seragam nasional merupakan pakaian menjadi standar bagi setiap sekolah di seluruh Indonesia.

Biasanya seragam yang satu ini paling sedikit akan digunakan oleh setiap siswa selama empat hari dalam seminggu, mulai dari Senin hingga Kamis.

Model dan warna seragam ini juga berbeda-beda tergantung tingkatan setiap peserta didik.

Bagi siswa di jenjang SD, seragam sekolah yang digunakan adalah atasan kemeja putih dengan bawahan celana atau rok berwarna merah.

Sementara itu bagi siswa SMP, seragam sekolah yang mereka gunakan adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua.

Terakhir, seragam sekolah yang digunakan oleh setiap siswa SMA adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok berwarna abu-abu.

2. Seragam Pramuka

Pakaian sekolah berikutnya yang dikenakan oleh setiap siswa ketika menempuh pendidikan adalah seragam pramuka.

Masing-masing sekolah biasanya memiliki aturan tersendiri terkait hari yang ditetapkan bagi para siswa untuk menggunakan seragam pramuka.

Meskipun demikian, biasanya setiap sekolah mewajibkan siswanya untuk menggunakan seragam pramuka minimal satu hari dalam seminggu.

Warna dan model pakaian yang digunakan untuk seragam ini mengacu pada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Menilik Sejarah Penggunaan Seragam Sekolah di Indonesia

3. Seragam Khas Sekolah

Setiap sekolah biasanya juga memiliki seragam khas yang berbeda dengan yang lainnya.

Setiap sekolah dibebaskan untuk menentukan model maupun desain yang digunakan untuk seragam khas ini.

Selain itu, setiap sekolah juga bebas menentukan hari yang digunakan bagi setiap siswa untuk menggunakan seragam khas tersebut.

4. Seragam Adat

Pakaian sekolah terakhir yang digunakan oleh setiap peserta didik sesuai dengan aturan Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022 adalah seragam adat.

Seragam adat ini biasanya menyesuaikan dengan setiap daerah asal masing-masing sekolah yang ada di Indonesia.

Setiap siswa biasanya menggunakan seragam adat ini pada hari-hari atau upacara adat tertentu, sesuai dengan aturan yang ada pada masing-masing sekolah.

Baca juga : Baju Adat Jadi Seragam Sekolah? Ini Faktanya

Sumber:
- https://www.instagram.com/p/C5vA5AxSV9T/?hl=id&img_index=1
- https://peraturan.go.id/id/permendikbudristek-no-50-tahun-2022
- https://itjen.kemdikbud.go.id/web/aturan-seragam-sekolah-menurut-permendikbudristek-50-2022/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini