Menikmati Indahnya Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa yang Punya Tempat Penangkaran Hiu

Menikmati Indahnya Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa yang Punya Tempat Penangkaran Hiu
info gambar utama

Kepulauan Karimunjawa terkenal sebagai salah satu ‘surga’ di Indonesia karena keindahan dan kekayaan biota laut di dalamnya. Terletak di sebelah utara Jawa, kepulauan ini memiliki 27 pulau-pulau kecil yang masuk dalam wilayah administrasinya. Lima di antaranya sudah berpenghuni, tetapi sisanya masih hanya dijadikan tempat wisata. Salah satu pulau tak berpenghuni di Karimunjawa yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Pulau Menjangan Kecil.

Pulau ini termasuk dalam Zona Pemanfaatan Taman Nasional Karimunjawa dengan luas wilayah sebesar 0,46km2. Banyak hal yang bisa para pelancong lakukan di sana dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola.

Penangkaran Hiu, Daya Tarik di Pulau Menjangan Kecil

Salah satu yang membuat tempat ini unik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah karena adanya penangkaran hiu di dalamnya. Pengunjung yang datang ke sini pun bisa berfoto dengan para hiu, lho! Jangan khawatir karena Kawan akan aman selama mengikuti instruksi yang diberikan petugas di sana.

Sayangnya pada tahun 2023 lalu, ada 145 ekor hiu yang mati diduga karena diracun. Hal ini ditandai dengan mata hiu berwarna merah, kemungkinan disebabkan oleh potasium. Petugas mengatakan bahwa pada 3 April ada 65 ekor hiu yang mati, dan 13 November mati 80 ekor.

Meski tidak dilakukan tes laboratorium untuk bangkai hewan maupun air kolamnya, tetapi pemilik penangkaran yakin bahwa ikan-ikannya mati karena diracun. Ia pun sempat membuka sayembara bagi siapa pun yang bisa menemukan atau bahkan menangkap si peracun, kan diberi imbalan sebesar 50 juta rupiah.

Meski kini hanya tersisa beberapa ekor anakan ikan hiu, tetapi akan masih terlihat keren kok, kalau Kawan ingin berfoto bersama mereka!

Menikmati Keindahan Terumbu Karang di sekitar Menjangan Kecil

Memiliki pasir putih, air laut yang jernih, dan pohon-pohon besar yang membuat udara menjadi sejuk membuat para wisatawan betah berada di pulau ini. Namun, jika sudah ke Menjangan Kecil, jangan lewatkan untuk mencoba kegiatan snorkeling di sekitar pulau ini.

Kawan bisa memanjakan mata dengan menyelam ke dalam laut karena Menjangan kecil mampu memberikan pemandangan bawah laut yang eksotis berupa terumbu karang yang indah dan dilengkapi dengan ikan-ikan beraneka jenis dan warna.

Deretan Tempat Wisata Eksotis di Karimunjawa Indonesia

Menutup Hari dengan Menyaksikan Sunset di Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa memiliki spot sunset yang strategis
info gambar

Selain berfoto dengan hiu, Kawan juga bisa melakukan banyak aktivitas lain di Pulau Menjangan Kecil, seperti bermain ayunan yang berada di tengah laut, maupun mencoba ayunan mirip komedi putar yang bisa Kawan naiki sekaligus bersama teman-teman. Di sana juga tersedia beberapa kano untuk pengunjung yang ingin menikmati sensasi bermain di air dengan cara mendayung kano.

Jika sudah lelah bermain, Kawan juga bisa membeli minuman dan makanan di kantin yang ada di Pulau ini. Setelah itu, Kawan bisa menunggu sunset sambil duduk-duduk di pantai. Tempat terbaik untuk menyaksikan sunset adalah di dekat tempat bermain kano tadi, karena matahari terbenam akan terlihat jelas di sana.

Akses dan Harga Tiket Masuk ke Pulau Menjangan Kecil

Pengunjung membayar 30ribu untuk memasuki Pulau Menjangan Kecil
info gambar

Selain dikenal dengan namanya yaitu Menjangan Kecil, lokasi ini juga biasa disebut Menjangan Resort karena memang terdapat penginapan yang bisa Kawan tinggali. Namun, jika tidak ingin menginap di sini, Kawan juga tetap bisa menikmati berbagai fasilitas di Menjangan Kecil dengan membayar tiket masuk sebesar Rp30.000/orang.

Bahagia tak Harus Mewah, Datanglah ke Karimunjawa

Untuk mencapai pulau ini memang tidak bisa melalui darat dari Pulau Karimunjawa, melainkan harus menggunakan kapal. Kawan bisa mengikuti paket hopping island yang ditawarkan oleh agen travel atau bisa juga menyewa kapal sendiri.

Jadi, kapan Kawan GNFI akan mengunjungi Pulau Menjangan Kecil yang ada di Karimunjawa?

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Menjangan_Kecil
  • https://radarkudus.jawapos.com/jepara/693289395/pemilik-penangkaran-hiu-di-karimunjawa-buka-sayembara-janjikan-rp50-juta-bagi-yang-bisa-tangkap-pemberi-racun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini