Deretan Tempat Wisata Eksotis di Karimunjawa Indonesia

Deretan Tempat Wisata Eksotis di Karimunjawa Indonesia
info gambar utama

Adakah di antara Kawan GNFI yang sedang bingung menentukan tujuan liburan? Sebagai negeri kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memang dianugerahi beragam destinasi wisata yang semuanya menarik untuk disinggahi.

Jika menyukai wisata alam, khususnya wisata bahari, cobalah mempertimbangkan pergi ke Jawa Tengah. Tepatnya di Kabupaten Jepara, terdapat Kepulauan Karimunjawa, salah satu surga wisata terbaik di Indonesia. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau (5 di antaranya berpenghuni) di Laut Jawa di utara Jepara, Jawa Tengah.

Kepulauan yang ditetapkan sebagai taman nasional, Karimun Jawa menawarkan pesona wisata taman laut. Rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta rumah bagi sekitar 400 spesies fauna laut.

Selain ratusan jenis ikan hias di bawah lautnya, di sini juga dihuni beberapa fauna langka, seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau.

Tertarik liburan ke Karimunjawa? Surga wisata bahari yang satu ini dipastikan mampu membuat Kawan terpukau dalam nuansa liburan yang mengesankan.

Beragam aktivitas bisa dilakukan. Mulai dari berenang, permainan pantai, menaikki perahu, snorkeling, diving, camping, dan tentu saja island hopping sebagai salah satu aktivitas khas wisata pulau. Berikut daftar tempat wisata di Karimunjawa yang menarik dikunjungi.

Pulau Menjangan Besar

Potret pengunjung bermain dengan hiu | Foto: Thekarimun.com

Pulau Menjangan Besar adalah yang terdekat dari pulau utama Karimun Jawa, dan menjadi salah satu pulau paling banyak dikunjungi wisatawan. Pulau seluas 61 hektare ini banyak dikunjungi, terutama dengan adanya keberadaan penangkaran hiu yang berada di sekitar dermaga pulau. Setiap wisatawan yang datang ke pulau ini akan melewati kolam penangkaran salah satu predator laut tersebut.

Kawan tidak hanya bisa melihatnya, tetapi juga bisa mencoba berenang bersama mereka. Tentunya, ikan hiu yang ada di sini sudah jinak. Tidak hanya hiu, di tempat ini pula banyak ditemukan bintang laut hingga ikan badut beserta anemon laut lainnya. Selebihnya, di sini juga sebagai tempat pengembangbiakan penyu.

Pulau Menjangan Kecil

Potret Pulau Menjangan | Foto: Thekarimun.com

Jika Pulau Menjangan Besar terkenal dengan penangkaran hiunya, Pulau Menjangan Kecil populer sebagai spot diving dan snorkeling Karimunjawa. Pulau kecil seluas 43 hektare yang tak berpenduduk ini memiliki kerajaan bawah laut yang menakjubkan.

Komposisi dan warna terumbu karangnya indah, lengkap dengan ikan-ikan cantik yang lucu, serta berbagai jenis biota laut. Tidak hanya itu, Pulau Menjangan Kecil juga mempunyai pantai panjang berhias pasir putih nan lembut.

Ombak laut yang relatif tenang menawarkan gradasi biru yang semakin jauh semakin menua. Seperti di Pulau Menjangan Besar, di Menjangan Kecil juga tersedia beragam fasilitas, meliputi penginapan, rumah makan, kamar mandi, serta gazebo.

Pantai Tanjung Gelam

Potret Pantai Tanjung Gelam | Foto: Thekarimun.com

Pantai Tanjung Gelam adalah primadona pantai Karimunjawa yang wajib dikunjungi. Nuansa permai benar-benar kentara di pantai yang berada di pulau utama Karimunjawa ini.

Laut yang membiru, hamparan pasirnya lebar menjorok ke laut selalu menggoda siapapun untuk bermiain air.

Satu hal yang mempercantik pantai ini adalah jajaran pohon kelapa. Uniknya, banyak pohon kelapa yang posisinya miring ke laut. Di pohon-pohon itulah tempat ideal bagi wisatawan yang ingin berfoto ria.

Tanjung Gelam merupakan pantai yang pintar membuat wisatawan betah, setidaknya hingga senja tiba. Matahari tenggelam adalah puncak kecantikan pantai ini dan bisa dikatakan sunset terbaik di Pulau Karimunjawa, ialah di Tanjung gelam.

Pantai Batu Topeng

Wisatawan swafoto di Pantai Batu Bopeng | Foto: IniBaru.id

Pantai Karimunjawa memang terkenal dengan hamparan pasir putih bersih yang mempesona, tidak terkecuali Pantai Batu Topeng (Watu Topeng). Berada cukup dekat dengan Pantai Tanjung Gelam, pantai ini menawarkan suasana yang kurang lebih sama dengan tetangganya.

Hamparan pasirnya, bentangan laut yang memadukan warna biru dan hijau muda. Disini juga kaya akan pohon kelapa yang juga condong ke laut. Bahkan, pantai ini juga cantik saat matahari tenggelam.

Meski dikatakan memiliki suasana mirip Tanjung Gelam, Pantai Batu Topeng tetaplah unik. Di salah satu sudutnya, ada sebuah gubug kecil yang dibangun di atas bebatuan menjorok ke laut.

Waktu ideal ke pantai ini bisa disesuaikan dengan selera kamu. Jika ingin pantai ini serasa milik sendiri, datanglah pagi atau siang. Namun, jika ingin bersama keramaian, datanglah sore hari disaat semua orang berburu moleknya sunset di pantai ini.

Wisata Bukit Joko Tuo

Wisatawan berswafoto di Bukit Joko Tua | Foto: Backpacker Jakarta

Tempat wisata di Karimunjawa yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Bukit Joko Tuo. Semua orang tahu, puncak bukit adalah salah satu tempat terbaik menikmati lanskap daerah secara lebih sempurna.

Untuk itu, di Pulau Karimunjawa, sempatkanlah datang ke Bukit Joko Tuo untuk menikmati lanskap kota Karimunjawa secara utuh, serta pulau-pulau yang ada disekitarnya. Terutama di saat hari mulai senja, hamparan langit seolah menyatu dengan laut memantulkan sinar keemasan matahari senja.

Selain sebagai tempat bersantai untuk meresapi semilir angin dan panorama, Bukit Joko Tuwo juga memiliki daya tarik tersendiri, khususnya yang terkait dengan kesejarahan tempat ini. Di sini ada kerangka ikan Joko Tuo (kerangka ikan paus raksasa yang pernah terdampar di pantai Karimunjawa).

Ada juga Tasbih Raksasa yang murni pernah ditemukan penduduk setempat. Selain itu, berbagai olahraga alam juga bisa dilakukan, seperti trekking, hiking, atau bisa juga camping dan bermalam untuk menikmati suasana berbeda.

Wisata Bukit Love

Potret ikon love | Foto: PiknikAsik.com

Selain di Bukit Joko Tuo, cara terbaik menikmati panorama Karimunjawa dari ketinggian adalah datang ke Bukit Love yang letaknya juga tidak jauh dari pusat kota.

Nama bukit ini merujuk pada bangunan tugu berbentuk tulisan “LOVE” yang terletak di dusun Jatikerep, sebagai tempat bukit ini berada. Di sudut lain juga ada tugu “karimunjawa”.

Wisata Bukit Love merupakan salah satu tempat paling ramai dikunjungi. Selain menawarkan pemandangan kota, laut, dan pulau-pulau yang menakjubkan, Bukit Love adalah bukit romantis yang juga memiliki beraneka wahana swafoto.

Banyak bangunan kreatif sebagai lokasi berswafoto. Banyak juga fasilitas yang tersedia, seperti rumah panggung, hingga kafe mini dengan arsitektur kayu yang menarik. Di lantai dua kafe ini juga ada spot selfie berlatar luas dengan beberapa kursi.

Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele | Foto: Wikipedia

Tempat wisata terbaik tidak harus yang populer dikunjungi, bisa jadi objek wisata tersembunyi lebih memberi kepuasan tersendiri. Oleh karena itu, ketika liburan di Karimunjawa, temukanlah sebuah kawasan bernama Legon Lele.

Tempat tersembunyi yang jarang terjamah wisatawan ini akan mengajak Kawan berpetualang alam, dan bersafari hutan perbukitan untuk kemudian sampai di sebuah pantai yang menawan, Pantai Legon Lele.

Berada di sebelah timur Pulau Karimunjawa, tempat wisata di Karimunjawa ini menyajikan suasana alam permai menenangkan. Semilir angin yang lembut mencoba melengkapi komposisi kemolekan alam khas pantainya.

Meski tetap mengusung warna putih bersih, pasir di pantai ini sedikit lebih kasar. Yang menarik, di satu sisi pantai ada genangan air yang terjebak cukup luas sehingga mirip seperti danau. Bagi traveler yang doyan memancing, pantai ini adalah tempat yang sempurna.

Bukit & Pantai Annora

Potret wisatawan di bukit menikmati pantai Annora | Foto: Thekarimun.com

Bukit dan Pantai Annora adalah salah satu sudut surga yang membatasi Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebuah kawasan yang cukup luas meliputi dua pantai cantik yang dibatasi oleh bukit yang menghijau.

Jika ingin datang ke tempat wisata di Karimunjawa ini, coba saja menuju arah Pulau Kemujan hingga menemukan petunjuk jalan di dusun Cikmas menuju Pantai Yamin dan Pantai Kemloko. Ikuti arah dua pantai tersebut untuk menemukan bukit sekaligus pantai ini.

Alam Karimunjawa benar-benar kaya disudut Annora. Selain pantainya indah berpasir putih layaknya pantai-pantai lain, spot terbaik untuk menikmati pemkamungan ada di bukitnya yang eksotis, hijau dengan kombinasi bebatuan beraneka bentuk dan ukuran.

Di Annora juga bisa ditemukan gosong (gundukan pasir yang timbul saat laut surut). Uniknya lagi, di kawasan ini ada lahan persawahan yang hijau.

Hutan Mangrove Kemujan

Postret Hutan Mangrove Karimunjawa | Foto: Jateng Tribunnews

Selanjutnya, tempat wisata di Karimunjawa yang menarik dikunjungi adalah Hutan Mangrove di Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa. Sebuah hutan yang rimbun mewakili sisi eksotis Taman Nasional Karimunjawa.

Sepanjang kurang lebih 2 kilometer, Kawan bisa melakukan trekking kedalam hutan melalui jalan panggung yang terbuat dari papan kayu. Di setiap beberapa meternya, ada pendopo yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Adapun di ujung, ada view point berupa bangunan kayu tiga tingkat sebagai tempat paling memanjakan mata.

Bagi Kawan yang hobi fotografi, hutan ini memiliki banyak spot cantik untuk diabadikan. Terutama saat pergantian musim hujan ke musim kemarau, di sini biasanya juga didatangi aneka kupu-kupu yang termasuk dalam jenis endemik langka.

Pantai Batu Putih

Suasanya sunset di Pantai Batu Putih | Foto: Thekarimun.com

Selama masih di Desa Kemujan, tidak ada salahnya melanjutkan perjalanan ke Dusun Jelamun untuk menemukan salah satu pantai tercantik di Karimunjawa, Pantai Batu Putih.

Seperti diisyaratkan dari namanya, tempat wisata di Karimunjawa ini memiliki bongkahan bebatuan laut yang memiliki ujung berwarna putih. Konon penamaan pantai ini, memang diambil dari keunikan batuan basah tersebut.

Pantai Batu Putih merupakan pantai molek dengan suasana yang menenangkan. Bentangan lautnya, hamparan pasir putihnya, serta rimbunnya pepohonan yang membatasi wilayahnya menciptakan panorama yang tak kalah cantik dari pantai-pantai lain di Karimunjawa.

Tidak terkecuali, bebatuan yang tersusun acak di beberapa sudut pantai ini turut memperindah pemkamungannya. Pantai ini cocok untuk bercamping dan memastikan diri hingga sampai pada komelakan matahari terbit dipantai ini.

Selain daftar di atas, tempat wisata di Karimunjawa sangatlah banyak. Mengingat wilayah kepulauan ini mencakup hingga 27 pulau yang masing-masing menawarkan kekhasan tersendiri, semuanya bergantung pada durasi dan kebutuhan wisata Kawan.

Jika durasi liburan kali ini berlebih, bisa juga melebar ke Pulau Cemara, Pulau Tengah, dan Pulau Cilik. Selain Pulau Menjangan Kecil, pulau-pulau yang disebutkan tadi adalah spot diving dan snorkeling Karimunjawa terbaik dan telah mendunia. Selamat berlibur!*

Sumber: Paket Wisata Karimunjawa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini