Bergabung dalam Konektivitas Pembayaran ASEAN, QRIS Bisa Dipakai di Brunei & Laos

Bergabung dalam Konektivitas Pembayaran ASEAN, QRIS Bisa Dipakai di Brunei & Laos
info gambar utama

Brunei dan Laos resmi bergabung dalam kerja sama Regional Payment Connectivity (RPC). Bank Sentral Brunei Darussalam (BDCB) menandatangani nota kesepahaman pada 29 Februari 2024, sementara Bank of The Lao Pdr (BoL) menandatangani amandemen nota kesepahaman pada 3 April 2024.

Masuknya BDCB dan BoL ke dalam kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN menambah jumlah partisipan menjadi delapan bank sentral.

Indonesia, bersama Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, memulai kerja sama Regional Payment Connectivity (RPC) pada November 2022, diikuti oleh Vietnam yang bergabung pada Agustus 2023. Kerja sama ini akan terus dikembangkan dengan melibatkan seluruh negara anggota ASEAN serta mitra lainnya di luar ASEAN.

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mewujudkan transaksi keuangan lintas negara yang lebih cepat dan terjangkau dengan infrastruktur sistem pembayaran yang aman dan efisien, termasuk penggunaan kode respons cepat (QR) dan pembayaran cepat untuk mendukung keberlanjutan ekonomi nasional dan regional.

Singkirkan Dolar, QRIS Meluncur ke Uni Emirat Arab

Memberikan berbagai keuntungan

Adanya kerja sama dalam konektivitas pembayaran di wilayah ini memperkuat peran bank sentral dalam meningkatkan dan mempercepat pembayaran lintas negara. Konektivitas pembayaran di kawasan tersebut mencakup pembayaran dengan QR code dan sistem pembayaran cepat.

Konektivitas pembayaran lintas negara memberikan manfaat bagi aktivitas ekonomi antar negara, termasuk memperluas akses Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di pasar ASEAN dan global.

Kemudian, konektivitas pembayaran lintas negara ASEAN memenuhi kebutuhan dalam perdagangan, remitansi, dan transaksi wisatawan di negara mitra, menjadi tujuan utama dari konektivitas pembayaran lintas negara ASEAN.

Dengan adanya konektivitas ini, kebutuhan akan sistem pembayaran yang efisien dan dapat dipercaya dapat terpenuhi, memungkinkan para pelaku usaha, pengirim uang, dan wisatawan untuk melakukan transaksi dengan lancar di seluruh negara anggota ASEAN tanpa hambatan.

Selain itu, RPC akan memberikan manfaat besar, terutama dengan meningkatkan konektivitas pembayaran lintas negara.

Kolaborasi ini pun akan memudahkan perdagangan, investasi, dan aktivitas ekonomi di wilayah tersebut, serta mendorong hubungan yang kuat antara bank sentral di kawasan ASEAN.

QRIS Raih Prestasi untuk Inovasi Efisiensi Operasional di Asia Pasifik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini