QRIS Raih Prestasi untuk Inovasi Efisiensi Operasional di Asia Pasifik

QRIS Raih Prestasi untuk Inovasi Efisiensi Operasional di Asia Pasifik
info gambar utama

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang memungkinkan transaksi pembayaran lintas negara meraih gold award dalam kategori "Operational Efficiency" pada Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 di Thailand. Keberhasilan ini menunjukkan peran QRIS dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran dan mendukung konektivitas pembayaran antarnegara.

Kategori efisiensi operasional menunjukkan bahwa QRIS berperan signifikan dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran, memudahkan aktivitas ekonomi antarnegara dengan lebih aman dan mudah. Manfaat ini khususnya dirasakan oleh masyarakat, pelaku usaha, terutama UMKM, sambil mendukung konektivitas pembayaran dan inklusi finansial.

Penerimaan penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Qorus menilai QRIS sebagai inovasi yang memiliki orisinalitas, yang mana sistem ini memiliki ide yang unik, memberikan manfaat dalam jangka panjang, berlaku secara universal lintas negara, dan telah teruji keberhasilannya.

Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 merupakan penghargaan untuk inovasi lembaga keuangan dalam mengubah masa depan jasa keuangan di suatu kawasan.

Sebagai lembaga independen berpengalaman selama 50 tahun, Qorus berperan sebagai katalisator untuk mendorong budaya berinovasi di lembaga keuangan, khususnya perbankan, dengan fokus pada optimalisasi potensi digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

QRIS Resmi Meluncur di Singapura, Perluas Pasar UMKM

QRIS, sebagai bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tanggal 17 Agustus 2019.

Dalam perkembangannya, QRIS telah memberikan fasilitas konektivitas pembayaran lintas batas sejak tahun 2022, melibatkan Malaysia, Thailand, dan terbaru adalah Singapura, yang diperkenalkan pada tanggal 17 November 2023.

Strategi utama dalam perluasan penerimaan QRIS, terutama di bawah Regional Payment Connectivity (RPC), menciptakan sinergi yang kuat antar negara. Ini membawa manfaat signifikan terutama dalam sektor perdagangan dan pariwisata, terutama bagi pelaku UMKM.

Hingga Oktober 2023, jumlah pedagang QRIS mencapai 29,6 juta (92% di antaranya adalah UMKM). Sementara itu, transaksi QRIS antarnegara, seperti Indonesia-Thailand dan Indonesia-Malaysia, terus mengalami pertumbuhan positif, mencatat 59 ribu transaksi pada bulan Oktober 2023.

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus melakukan perluasan kerja sama interkoneksi pembayaran QR dengan negara mitra lainnya untuk mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital," jelas Erwin Haryono selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia.

Transaksi QRIS Marak! Nilainya Meroket hingga 88%

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini