Singkirkan Dolar, QRIS Meluncur ke Uni Emirat Arab

Singkirkan Dolar, QRIS Meluncur ke Uni Emirat Arab
info gambar utama

Usai merambah Singapura, layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kini melakukan ekspansi ke wilayah Uni Emirat Arab. Dengan begitu, belanja di Dubai tak lama lagi akan jadi lebih mudah hanya dengan menggunakan telepon genggam.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, perluasan kerja sama QRIS dengan berbagai negara di dunia merupakan bagian dari akselerasi sistem pembayaran digital Indonesia pada 2024 mendatang.

Dalam acara Bank Indonesia Bersama Masyarakat yang dilansir dari Investor.id, Jumat (1/12), dipaparkan bahwa kerja sama BI dengan Uni Emirat Arab terkait penggunaan metode pembayaran QRIS telah sampai pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Terus berekspansi

BI akan terus memperluas kerja sama QRIS dengan negara mitra lainnya, termasuk Jepang, India, hingga Tiongkok. Hal ini dilakukan guna mendukung pembayaran lintas negara yang lebih cepat, murah, transparan dan inklusif, terutama untuk UMKM.

Pihaknya optimistis langkah ini mampu mendukung aktivitas perekonomian, termasuk dalam industri pariwisata, serta mendukung stabilitas makroekonomi. Malaysia menjadi salah satu negara yang berhasil menerapkan pembayaran berbasis kode QR dengan Indonesia.

QRIS tak hanya membidik Uni Emirat Arab di wilayah Timur Tengah. Kepala Departemen Komunikasi BI menyatakan bahwa pihaknya juga sudah berencana menerapkan konektivitas pembayaran antar negara menggunakan QRIS dengan Arab Saudi.

QRIS Raih Prestasi untuk Inovasi Efisiensi Operasional di Asia Pasifik

Nilai transaksi melesat

Volume transaksi QRIS tercatat telah mencapai 1.596 miliar transaksi tak per Oktober 2023. Angka ini juga diikuti oleh nilai transaksi QRIS yang tumbuh melesat hingga 186,08 persen secara year on year (yoy) sehingga mencapai Rp24,97 triliun.

Hingga kini, jumlah pengguna QRIS tercatat 43,44 juta, sedangkan jumlah merchant QRIS menjadi 29,63 juta yang mayoritas merupakan usaha mikro kecil dan menengah. Melihat potensi ini, BI tengah bersinergi dengan industri dan pihak terkait untuk edukasi QRIS.

QRIS Meluncur di Singapura, Perluas Pasar UMKM

Referensi:

Investor.id. BI: Penggunaan QRIS Diperluas hingga ke Uni Emirat Arab. https://investor.id/macroeconomy/347495/bi-perluas-penggunaan-qris-hingga-ke-uni-emirat-arab

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini