Kuliner Bandung Batagor yang Ciamik

Kuliner Bandung Batagor yang Ciamik
info gambar utama

Halo Kawan GNFI, ada yang orang Bandung? Wah, pasti ada dong. Kota Bandung adalah kota dan juga ibu kota provinsi Jawa Barat dikenal dengan sebutan Kota Kembang. Kota Bandung ini termasuk salah satu kota di Indonesia yang memiliki paket wisatanya yang lengkap.

Salah satu paket wisata Kota Bandung yang bisa dicoba adalah kuliner tradisional yang lezat menggugah selera. Bandung juga termasuk salah satu kota kuliner terbaik tahun 2023 lho, Kawan GNFI hebat banget, kan. Kawan GNFI bisa nih, mencicipi kuliner khas Kota Bandung yang lezat menggoda selera.

Nah, bagi Kawan GNFI berlibur ke Kota Bandung wajib mengunjungi tempat rekreasi yang populer. Ada banyak tempat rekreasi yang menarik yaitu Alun-Alun Bandung, Dusun Bambu Lembang, Farm House Lembang, dan tempat rekreasi lainnya.

Alun-Alun Kota Bandung: Daya Tarik dan Rekomendasi Kuliner untuk Berakhir Pekan

Ada beragam kuliner legendaris Kota Bandung juga nih, Kawan GNFI yang lezat, Kawan wajib coba jika datang ke kota kembang ini. Rasakan dan nikmati kelezatannya.

Nah, ada lagi kuliner dari Bandung namanya batagor. Batagor ini tidak hanya di Bandung, di berbagai wilayah Indonesia Kawan GNFI bisa menemukannya.

Pengertian Batagor

Apa itu batagor? Batagor adalah singkatan dari bakso dan tahu goreng. Batagor terbuat dari bahan ikan tenggiri yang dibuat jadi adonan bakso diisi ke dalam tahu atau kulit pangsit lalu digoreng dan disajikan bersama kuah kacang tambah saus dan kecap sesuai selera.

Asal-Usul Batagor

Adanya batagor dimulai dari seorang pemuda dari Jawa Tengah yang mencari rezeki menjual bakso tahu kukus keliling. Karena dagangannya banyak tersisa, daripada dibuang pedagang ini menggoreng bakso tahu kukus dan diberi bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

Ciri khas bakso tahu ikan tenggiri memiliki tekstur garing di luar dan kenyal di dalam, aroma khas ikan tenggiri yang harum ketika digoreng menambah kelezatan dari batagor itu sendiri.

6 Kuliner Legendaris Bandung yang Wajib Dicoba, Ada Rotbak Gempol!

Lalu pedagang ini menjual bakso tahu kukus goreng kepada tetangga-tetangga secara gratis. Karena, rasanya enak tetangga-tetangga ketagihan lalu membeli bakso tahu goreng buatannya. Karena melihat tetangga yang ketagihan, pedagang ini memasarkan bakso tahu gorengnya secara luas hingga dikenal dengan batagor.

Dari zaman dahulu sampai sekarang batagor terus eksis banyak digemari masyarakat Indonesia. Rasa batagor yang ciamik, bergizi cocok menjadi camilan, dan juga lauk makan Kawan GNFI.

Batagor Peringkat Pertama Top 100 Snacks in the World

Kota Bandung sering dikenal sebagai kota dengan jajanan terenak yang memanjakan lidah para pecinta kuliner. Salah satu makanan yang terkenal dan idaman adalah batagor. Karena rasanya sangat lezat, batagor menduduki peringkat pertama camilan paling populer di Indonesia.

Batagor berakar pada tradisi kuliner Cina. Batagor adalah camilan yang khas karena cara penyajiannya. Pangsit diisi dengan adonan bakso tahu ikan tenggiri lalu digoreng dan sajikan bersama bumbu kacang yang telah dibuat dan cabai yang sudah dihaluskan sesuai selera. Jangan lupa juga tambahkan sedikit perasan jeruk nipis.

Bandung Masuk 10 Besar Kota Kuliner Terbaik di Dunia Tahun 2023 Versi TasteAtlas

Karakteristik batagor dalam memasaknya adalah digoreng, bukan dikukus. Lalu disajikan bersama saus pedas tradisional atau bumbu kacang. Bahan utama batagor sering dipakai adalah udang dan ikan tenggiri.

Bagaimana Kawan GNFI informasi tentang batagor di atas? Sangat unik kan jajanan dari Kota Bandung ini. Banyak masyarakat Indonesia sangat menggemari jajanan batagor. Bagi Kawan GNFI belum pernah mencoba, yuk, segera mencobanya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini