Pantai Teluk Awur Jepara, Pantai dengan Mangrove dan Sunset View yang Memesona

Pantai Teluk Awur Jepara, Pantai dengan Mangrove dan Sunset View yang Memesona
info gambar utama

Teluk Awur Jepara merupakan pantai yang terletak di pusat Kota Jepara, tepatnya berada di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini merupakan pantai yang tenang dan bersih, tak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata utama bagi masyarakat Jepara khususnya anak muda dan sekitarnya.

Pantai ini masih dikelola oleh masyarakat setempat, walau begitu tempat ini cukup bersih dan nyaman untuk dikunjungi. Terlebih pantai ini juga jauh dari jalur kapal, sehingga bagi Kawan yang ingin bermain air di sini juga cukup aman.

Daya Tarik Pantai Teluk Awur Jepara

Daya Tarik Pantai Teluk Awur | googlemaps/Samsul Nizar
info gambar

Hamparan pasir putih di Pantai Teluk Awur Jepara ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang singgah di sini. Keindahan laut dan airnya yang jernih dan tenang, membuat pengunjung betah untuk berlibur ke sini.

Pantai Teluk Awur Jepara ini merupakan pantai yang landai dengan ombak yang tenang, sehingga siapapun yang ingin bermain air akan tetap aman dan nyaman. Nanun, tetap berhati-hati dan pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua meski air di sini tidak terlalu dalam.

Matahari terbenam di pantai ini juga sangat indah, sehingga tak heran jika saat mendekati maghrib banyak pengunjung yang datang ke Pantai Teluk Awur Jepara ini. Terlebih jaraknya tak jauh dari pusat kota Jepara.

Selain itu, daya tarik Pantai Teluk Awur Jepara ini adalah adanya banyak pohon mangrove yang membuat suasana pantai ini menjadi teduh dan sejuk. Selain itu, pohon-pohon ini juga berguna untuk penahan abrasi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

fasilitas Pantai Teluk Awur | googlemaps/Feny handayani
info gambar

Selain berenang dan bermain air, kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Teluk Awur Jepara ini adalah olahraga seperti sepak bola, voli pantai, jogging, dan lainnya.

Kamu yang ingin berkunjung ke sini juga bisa melakukan piknik keluarga, dengan membawa makanan-makanan dari rumah dan menyantapnya di pinggir pantai. Namun, pastikan untuk selalu merapikannya kembali dan membuang sampah pada tempatnya agar pantai selalu bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

HTM dan Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan Pantai Teluk Awur Jepara ini kamu harus membayar tiket pada hari biasa sebesar Rp5.000 dan saat libur sebesar Rp.10.000. Untuk parkir dikenakan biaya sebesar Rp.5.000.

Kamu bisa datang kapan saja untuk berkunjung ke pantai ini, namun saat sore hari pantai ini akan ramai dikunjungi masyarakat sekitar untuk menikmati matahari terbenam.

Fasilitas di Pantai Teluk Awur

Fasilitas Pantai Teluk Awur | googlemaps/driyan adya
info gambar

Di sepanjang pantai ini kamu akan menemukan warung-warung kecil yang dilengkapi dengan gazebo untuk kamu singgahi. Jadi jangan takut, bagi kamu yang tidak membawa makanan disini tersedia berbagai hidangan khas yang bisa dibeli.

Kamu juga bisa menikmati berbagai macam permainan yang seru, seperti banana boat, jet sky, flying fish boat, atau bisa menikmati perahu bebek. Untuk harga tentunya bervariasi setiap permainan yang ingin dinaiki.

Selain itu fasilitas seperti toilet, parkir, musholla dan lainnya juga tersedia di sini. Ada juga penginapan dan hotel bagi yang ingin menginap dengan harga yang standar.

Bagi Kawan yang berkunjung setelah Idul Fitri atau tepatnya seminggu setelah hari raya, ada acara tahunan yang dapat dinikmati yaitu Pesta Lomban atau perlombaan sedekah laut. Ini merupakan tradisi bagi warga yang merupakan bentuk syukur setelah berpuasa di bulan Ramadan.

Tips Berwisata di Pantai Teluk Awur

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung, ada baiknya datang saat sore hari untuk menikmati matahari terbenam. Namun, bagi Kawan yang hendak berolahraga bisa menikmati pantai ini dengan berlarian di sekitar pantai saat pagi hari.

Tenang, Pantai Teluk Awur cukup dekat dengan pusat kota Jepara. Kamu bisa menggunakan kendaraan apa saja, banyak petunjuk arah yang dapat membuat kamu sampai ke pantai satu ini.

Mitos Pantai Teluk Awur

Mitos Pantai Teluk Awur | googlemaps/adi muclas
info gambar

Asal muasal diberikan nama Pantai Teluk Awur karena seorang raja yang ingin mempersunting seorang perempuan yang sudah memiliki suami. Karena hal itu, sang suami berusaha keras untuk menyelamatkan istrinya.

Saat itu perempuan tersebut memberikan syarat kepada raja jika ingin menikahinya, dan sang raja mengiyakan permintaan tersebut. Yaitu melepaskan pakaian rajanya dan menyamar menjadi seorang rakyat biasa. Lalu, sang suami perempuan tersebut langsung mengenakan pakaian sang raja dan menyuruh prajurit untuk menangkap raja yang sesungguhnya.

Saat dipukul oleh prajurit, sang raja mengatakan teluk teluk dan ngawur atau awur sehingga berilah nama pantai ini Pantai Teluk Awur.

Dari cerita itulah masyarakat juga mempercayai bahwa air Pantai Teluk Awur ini memiliki khasiat yang dapat mengobati berbagai penyakit. Entah iya entah tidak, namun mitos ini cukup berkembang di masyarakat Jepara.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini