10 Manfaat Jalan Kaki, Olahraga Sederhana Sekaligus Penyelamat Lingkungan

10 Manfaat Jalan Kaki, Olahraga Sederhana Sekaligus Penyelamat Lingkungan
info gambar utama

Jalan kaki, aktivitas ini memang terkesan sepele, akan tetapi banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan ini secara rutin.

Selain itu, jalan kaki juga bisa menjadi alternatif pilihan berolahraga, atau sarana untuk menuju suatu tempat seperti tempat kerja, sekolah, dan pasar.

Tanpa Kawan GNFI sadari, ternyata dengan berjalan kaki juga bisa membantu menyelamatkan bumi dari perubahan iklim, loh.

Jika Kawan GNFI penasaran dengan manfaat yang bisa didapat saat berjalan kaki. Berikut 10 manfaat jalan kaki.

1. Murah dan Ramah Lingkungan

Aktivitas jalan kaki, bisa terbilang murah, karena sangat bisa kita jangkau selama kita masih memilikinya.

Selain itu, jalan kaki juga bisa bisa membantu bumi kita dalam mengatasi perubahan iklim. Setidaknya dengan melakukan kegiatan ini, kita bisa membantu mengurangi polusi udara, salah satunya dari kendaraan bermotor.

Membangun dan Meningkatkan Masyarakat yang Ramah Pejalan Kaki

2. Memperkuat Imun Tubuh

Berjalan kaki secara rutin dapat menurunkan risiko dari penyakit seperti flu atau demam. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mudah terpapar bakteri atau virus yang bisa menyerang kapan saja, karena salah satu manfaat berjalan kaki dapat membantu memperkuat imun tubuh.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Jika Kawan GNFI memiliki gangguan tidur seperti kesulitan tidur pada malam hari, Kawan bisa melakukan olahraga secara rutin, salah satunya berjalan kaki.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, kualitas tidur bisa meningkat dan membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak, karena secara alami berjalan kaki dapat meningkatkan efek melatonin yaitu hormon tidur.

4. Meningkatkan Ketajaman Konsentrasi

Jalan kaki bisa membantu meningkatkan konsentrasi dalam belajar, dan juga membantu mengelola emosi dengan baik.

Kawan GNFI cukup meluangkan waktu selama selama 10 menit dan berjalan kaki di sekitar lingkungan saja, sudah mampu membantu meningkatkan konsentrasi.

Jalan Kaki, Olahraga yang Penuh Manfaat Tak Terduga

5. Memperbaiki Pencernaan Tubuh

Setelah memakan nasi atau makanan berat lainnya, dianjurkan untuk beraktivitas seperti berjalan kaki selama 30 menit, bukan malah berdiam diri apalagi rebahan, hal ini dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan.

6. Meningkatkan Mood

Selain mengkomsumsi cokelat, ternyata jalan kaki juga dapat membantu meningkatkan mood, karena orang yang berjalan kaki akan mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.

7. Menurunkan Berat Badan

Bagi Kawan GNFI yang sedang menjalani program diet, mungkin jalan kaki bisa menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan.

Mengutip dari artikel hellosehat.com dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa membakar 200 kalori per minggunya.

8. Memperkuat Sendi

Kegiatan murah ini bisa membantu memperkuat sendi, mengurangi persendian yang kaku atau sakit sejenisnya, bahkan juga bisa mengurangi risiko keretakan pada tulang.

9. Membakar Kalori Tubuh

Jalan kaki juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh, meskipun terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seperti berapa lama kita melakukan aktivitas jalan kaki dan juga berapa jauh lintasan yang kita lalui.

10. Mengurangi Resiko Jantung

Meluangkan waktu selama kurang lebih 30 menit dalam sehari, dan lima hari dalam seminggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Akan lebih baik, jika durasi jalan kaki terus ditingkatkan.

Referensi:

  • Citra Andini, Widya. 2022, Oktober 27. 10 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan Fisik dan Mental. Diakses dari Website hellosehat, https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/manfaat-jalan-kaki-30-menit-sehari/.
  • Kartika Dewi, Retia. 2022, Oktober 23. 10 Manfaat Jalan Kaki, Bisa Turunkan Kalori hingga Gula Darah. Diakses dari Website Kompas.com., https://www.kompas.com/tren/read/2022/10/23/060500065/10-manfaat-jalan-kaki-bisa-turunkan-kalori-hingga-gula-darah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini