Roda Nasib Shin Tae-yong: Dulu Bawa Korsel Hadapi Timnas U-23 Indonesia, Kini Sebaliknya

Roda Nasib Shin Tae-yong: Dulu Bawa Korsel Hadapi Timnas U-23 Indonesia, Kini Sebaliknya
info gambar utama

Dulu, Shin Tae-yong pernah membawa Timnas U-23 Korea Selatan untuk hadapi Timnas U-23 Indonesia. Bagai roda nasib yang berputar, kini yang terjadi adalah sebaliknya.

Shin Tae-yong yang saat ini adalah Pelatih Timnas U-23 Indonesia akan mendampingi anak-anak asuhnya melawan tim dari negara asalnya, Timnas U-23 Korea Selatan. Kedua tim dijadwalkan bertemu dalam babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (25/4/2024) pukul 20.30 waktu setempat atau Jumat (26/4) pukul 00.30 dini hari WIB.

Bagi Shin, laga nanti bisa jadi bakal jadi momen emosional karena ia harus menghadapi negaranya sendiri. Apalagi, ia juga pernah melatih Timnas U-23 Korea Selatan.

Menariknya, Shin ternyata juga pernah membawa Timnas U-23 Korsel menghadapi Indonesia.

Debutan Fenomenal di Piala Asia U-23 2024 Itu Bernama Timnas U-23 Indonesia

Ketika Shin Tae-yong Menghadapi Indonesia

Momen itu terjadi pada 31 Maret 2015. Saat itu, Indonesia dan Korsel bertemu di kualifikasi Piala Asia U-23 2016 dan tergabung di Grup H bersama Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Shin yang melatih Korsel datang ke Jakarta bersama anak-anak asuhnya. Indonesia memang menjadi tuan rumah dan menyediakan Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menggelar serangkaian laga.

Indonesia tampil dengan diperkuat oleh pemain-pemain yang hingga kini masih eksis di kompetisi papan atas sepak bola Tanah Air. Beberapa di antaranya yakni Adam Alis, Manahati Lestusen, dan Hansamu Yama Pranata.

Laga Indonesia kontra Korsel tersaji pada matchday terakhir. Sebelum berlaga, Indonesia dan Korsel sama-sama telah mengantongi dua kemenangan. Laga ini pun menjadi penentu siapa yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2016 karena hanya tersedia kuota satu tim dari setiap grup.

Saat duel berlangsung, Indonesia sebetulnya mampu menahan serangan-serangan dari Korsel yang diasuh Shin. Namun pada babak kedua, Indonesia kebobolan 4 gol hingga akhirnya kalah 0-4.

Keempat gol Korsel dicetak oleh Jung Seung-hyun (52'), Lee Chan-dong (71'), Kim Seung-jun (83'), dan Lee Chang-min (87'). Dengan demikian, Korsel menjadi juara Grup H dan lolos ke putaran final.

Setelah momen itu, Shin terus melatih Korsel hingga tiga tahun. Tercatat, ia sempat dipindah ke Timnas U-20 Korsel, lalu promosi ke tim senior pada 2017 hingga akhirnya digaet Indonesia pada 2020.

Kini, Indonesia telah mempersiapkan diri jelang bertemu lagi dengan Korsel. Sebagai arsitek tim, Shin pun menyiapkan rencana untuk membawa Garuda menang.

“Usai menonton laga Jepang kontra Korea Selatan, saya akan mempersiapkan tim dengan baik sesuai kebutuhan,” katanya.

5 Pemain Timnas Indonesia dengan Nomor Punggung Unik di Era Pelatih Shin Tae-yong

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini