Shin Tae-yong dan Komitmen Besarnya untuk Indonesia

Shin Tae-yong dan Komitmen Besarnya untuk Indonesia
info gambar utama

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menunjukkan komitmennya bersama negeri ini. Itu terlihat dari keinginannya memperpanjang kontraknya dan kesiapannya untuk menghadapi negara asalnya, Korea Selatan.

Hari ini, Kamis (25/20/2024), sebuah kabar disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Shin disebut telah bersepakat untuk memperpanjang kontraknya di Timnas Indonesia.

"Setelah menikmati makanan khas Korea dan diskusi tentang program Timnas Indonesia hingga 2027, saya dan coach Shin Tae-yong sepakat untuk melanjutkan kerja sama," demikian isi pesan Erick di akun Instagram miliknya.

Perpanjangan kontrak Shin memang jadi perbincangan belakangan ini. Kepelatihannya yang dinilai membawa dampak positif bagi Timnas Indonesia membuat publik sepak bola Tanah Air ramai mendorong PSSI agar memperpanjang kontrak Shin.

Shin telah melatih Indonesia sejak 2020 memang telah mencatatkan sejumlah pencapaian ciamik. Misalnya menaikkan posisi Indonesia sampai 41 strip di peringkat FIFA, juga membawa timnas senior ke perempat final Piala Asia, serta timnas U-23 ke perempat final Piala Asia U-23.

Kebetulan pula, saat ini Piala Asia U-23 2024 sedang berlangsung bersamaan dengan pengumuman kesepakatan perpanjangan kontrak antara Shin dengan PSSI. Timnas U-23 Indonesia dijadwalkan menghadapi Korsel dalam babak perempat final.

Jelang laga tersebut, Shin pun menunjukkan tekadnya untuk membawa Indonesia menang. Di samping kesepakatan untuk memperpanjang kontrak, ini sekaligus merupakan komitmen besarnya untuk Indonesia.

Roda Nasib Shin Tae-yong: Dulu Bawa Korsel Hadapi Timnas U-23 Indonesia, Kini Sebaliknya

Siap Hadapi Korsel

Laga Timnas U-23 kontra Korsel dijadwalkan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (25/4/2024) pukul 20.30 waktu setempat atau Jumat (26/4) pukul 00.30 dini hari WIB. Jelang laga, Shin mengaku sebetulnya dirinya lebih ingin Indonesia menghadapi Jepang, namun ia tetap bertekad untuk membawa Indonesia tampil maksimal di hadapan Korsel.

"Sebenarnya saya ingin bertemu Korea Selatan itu di final. Itu pemikiran saya sebelum lawan kami ditentukan. Saya tidak begitu senang. Ini takdir. Kami akan melakukan yang terbaik untuk besok.” ujar Shin dalam keterangan tertulis.

Shin memang wajib mengantar Indonesia menang agar memenuhi target lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ketika ditanya apakah dirinya lebih bangga melihat Indonesia lolos ke Olimpiade atau Korsel juara Piala Asia U-23 2024, ia pun menanggapi enteng.

"Memang posisi saya sekarang apa? Maksudnya pelatih kepala negara mana gitu?,"katanya.

"Dan apalagi saya benar-benar tahu sekali lawannya (Korea Selatan) seperti apa," ucap Shin yang juga pernah melatih Timnas U-23 dan senior Korsel.

Debutan Fenomenal di Piala Asia U-23 2024 Itu Bernama Timnas U-23 Indonesia

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/jelang-lawan-korsel-komitmen-shin-tae-yong-untuk-indonesia
    https://www.pssi.org/news/tim-u-23-indonesia-optimistis-redam-korea-selatan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini