Alasan Bali sering Menjadi Tuan Rumah Acara Internasional

Alasan Bali sering Menjadi Tuan Rumah Acara Internasional
info gambar utama

Bali, salah satu provinsi di Indonesia yang beribu kota di Denpasar, dan juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Secara geografis, terdapat 2 pulau yang mengapit Bali yaitu Pulau Jawa dan Lombok. Bali berbatasan dengan Nusa Tenggara Timur di sebelah timur dan Banyuwangi di sebelah barat.

Dunia mengenal Bali dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona hingga mendapat julukan "Surga Dunia”, dari mulai pantainya hingga pemandangan perbukitan. Namun, yang paling digemari oleh wisatawan yaitu pantainya seperti Pantai Sanur dan Pantai Kuta.

Bukan hanya itu, pulau ini juga menyimpan beragam budaya lokal yang masih terpelihara mulai dari upacara adat, tari, dan rumah adat. Terdapat pertunjukan tari yang sering dibanjiri penonton asing seperti Tari Kecak dan Tari Tenun. Makanya, Pulau Dewata tak pernah sepi pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

Menariknya, Bali sering dipilih sebagai tuan rumah acara global yang melibatkan tokoh penting dunia. Terakhir, Bali menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 November tahun 2023. Acara ini dihadiri oleh beberapa kepala negara, Sekjen PBB, hingga presiden FIFA. Lantas, mengapa Bali yang terpilih menjadi tuan rumah acara global? Ingin tahu lebih lanjut, simak artikel berikut!

Mengapa Bali?

Bali memang patut dipertimbangkan dalam pemilihan tuan rumah acara bertaraf internasional. Selain panoramanya yang indah, Bali juga lengkap dengan fasilitas standar internasional, apalagi untuk keperluan MICA.

Apa itu MICA?

MICA adalah singkatan dari meeting, incentive, convention, and exhibition. Nah, fasilitas di Bali memang memenuhi standar MICA sesuai Lampiran Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pedoman Destinasi Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi, dan Pameran.

Dengan begitu, Bali dianggap cocok menjadi tuan rumah berbagai perjamuan internasional karena memenuhi standar yang telah ditentukan.

Bali Sabet Penghargaan sebagai "The Best Island" Versi Majalah DestinAsian

Acara Internasional yang Terselenggara di Bali

KTT G20

Pada tahun 2023, Indonesia menjadi tuan rumah acara KTT G20, yang diselenggarakan di Bali, tepatnya di Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan ketujuh belas KTT G20 yang dihadiri beberapa kepala negara yang tergabung oleh afiliasi ini.

G20 adalah singkatan dari Group of Twenty atau kelompok dari 20 negara di dunia. G20 adalah forum kerja sama multilateral untuk membahas isu penting dengan fokus ekonomi, pembangunan, dan keuangan.

Ubud Writer and Read Festival

Acara tahunan tiap bulan Oktober yang digelar di Bali ini bertaraf internasional, event ini membahas topik khusus literasi dengan tema yang berbeda tiap tahunnya, tahun lalu mengusung tema “Atita, Wartamana, Anagata (Masa Lalu, Masa Kini, Masa Depan)”.

UWRF juga kerap mengajak kolaborasi penulis nasional seperti Dee Lestari, Lala Bohang, dan Goenawan Mohamad. Penulis internasional pun dihadirkan di sini seperti Katie Carr, Kerry Munnery, dan Fabia Claridge.

Ubud Festival, UWRF 2023 Mengusung Tema: Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Depan.

Vespa World Day

Pada tahun 2022, klub vespa dunia mengadakan acara Vespa World Day di Indonesia, tepatnya di Bali. Ini pertama kalinya Vespa World Day diadakan di luar Eropa.

Bahkan, di tahun 2022, menjadi VWD dengan peserta sekitar terbanyak yaitu sekitar 8 ribu peserta melebihi tahun sebelumnya yang biasanya hanya 6 ribuan orang saja.

1st Finance and Central Bank Deputies Meeting (FCBD) G20

Finance and Central Bank Deputies Meeting (FCBD) yang dihadiri oleh sejumlah negara anggota G20, negara tamu, dan organisasi Internasional. Acara ini membahas tentang isu penting ekonomi global.

World Water Forum

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 yang akan diadakan di Bali pada tanggal 18 hingga 25 Mei 2024 mendatang. Tahun ini mengangkat tema “Water for Shared Prosperity”.

World Water Forum adalah acara internasional yang diselenggarakan oleh World Water Council, sebuah organisasi internasional yang mengatasi isu air global.

World Water Forum akan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dunia dan ribuan peserta.

10th World Water Forum 2024 Bali Bahas Tuntas Tema Air untuk Kesejahteraan Bersama

Referensi:

  • Janitra, Mawardi. 2023, Februari 27. Bali, Episentrum Event Indonesia. Diakses dari Website Quipper.co., dari https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/p-mengapa-bali-cocok-jadi-tuan-rumah-event-internasional
  • Tentang Presidensi G20 Indonesia 2022. Diakses dari Website Kominfo.go.id, dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/38266/tentang-presidensi-g20-indonesia-2022/0/g20dte
  • Siaran Pers : Tak Sekadar Event, "Vespa World Days 2022" Jadi Atraksi Pariwisata Menarik di Bali. Diakses dari Website Kemenparekraf.go.id, dari https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-tak-sekadar-event-vespa-world-days-2022-jadi-atraksi-pariwisata-menarik-di-bali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini