Bali Sabet Penghargaan sebagai "The Best Island" Versi Majalah DestinAsian

Bali Sabet Penghargaan sebagai "The Best Island" Versi  Majalah DestinAsian
info gambar utama

Bali kembali mendapatkan predikat sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, kali ini meraih predikat "The Best Island" dalam DestinAsian Readers’ Choice Awards.

DestinAsian adalah majalah perjalanan internasional yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2021, dengan jangkauan dan sirkulasi yang mencakup negara-negara di Asia Pasifik seperti Singapura, Indonesia, Thailand, Hong Kong, Malaysia, Australia, dan lainnya.

Sementara itu, DestinAsian Readers’ Choice Awards adalah penghargaan yang dipilih langsung oleh para pembaca setia majalah DestinAsian, sebuah majalah pariwisata terkemuka.

Penghargaan ini turut diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Pariwisata (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya pada Jumat (15/3/2024).

Menurutnya, penghargaan ini menegaskan bahwa Bali tetap menjadi tujuan utama para wisatawan yang ingin berlibur di Indonesia.

"Ini menjadi bukti untuk kesekian kalinya bahwa Bali merupakan destinasi unggulan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan,” kata Sandiaga dalam keterangannya.

Bali memang menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati di Indonesia. Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bali memiliki potensi untuk menyumbang sekitar 50 persen dari target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 14,3 juta ke Indonesia.

Secara khusus, kunjungan wisatawan ke Bali tersebut mencakup sekitar 50 persen dari target kunjungan wisatawan mancanegara secara nasional, yang jumlahnya sekitar 7 juta kunjungan.

9 Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Asia Versi Agoda, Indonesia Masuk Dalam Daftar?

Mendorong Bali agar semakin unggul

Untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut, Kemenparekraf akan berusaha meningkatkan aksesibilitas ke Bali, salah satunya dengan meningkatkan jumlah penerbangan internasional ke Bali serta menyajikan paket-paket wisata yang unik dan menarik tanpa menyebabkan kelebihan wisata (overtourism).

Akibatnya, pariwisata yang bermutu dan berkelanjutan dapat dipertahankan di Bali. Penambahan jumlah penerbangan dan variasi paket perjalanan ini juga dimaksudkan untuk mengarahkan wisatawan yang berkualitas dan memperpanjang durasi kunjungan mereka di Bali.

Dengan demikian, manfaat ekonominya dapat lebih dirasakan oleh masyarakat setempat tanpa menimbulkan tekanan berlebihan.

Menparekraf Sandiaga berharap bahwa penghargaan ini akan menjadi inspirasi bagi destinasi wisata lain di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitasnya.

“Dengan seringnya Bali mendapatkan penghargaan, diharapkan Bali bisa menjadi pengumpan bagi 5 DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) di Indonesia. Ini merupakan prestasi yang patut kita syukuri. Kita berharap ke depan berkembang destinasi lain di Indonesia selain Bali,” kata Sandiaga.

Menapaki Jejak Konghucu di Bali dari Kelenteng Caow Eng Bio yang Berdiri Sejak Abad ke-16

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini