BYD Bangun Pabrik di Subang, Investasi Rp16,2 triliun

BYD Bangun Pabrik di Subang, Investasi Rp16,2 triliun
info gambar utama

PT Build Your Dreams (BYD) Motor Indonesia akan membangun fasilitas produksi kendaraan listrik (EV) di Kawasan Industri Subang Smartpolitan, Jawa Barat. Produsen asal China itu siap menggelontorkan investasi senilai 1 miliar dolar AS atau setara Rp16,2 triliun.

Pada Selasa kemarin (30/4/2024), BYD menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer Subang Smartpolitan, dalam sesi press day Periklindo Electric Vehicle (PEV) Show 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Kedua mitra ini akan mengembangkan ekosistem EV di Indonesia yang mencakup pusat penelitian dan pengembangan serta fasilitas pelatihan dengan teknologi terbaru yang hemat energi juga ramah lingkungan

"BYD menetapkan Subang Smartpolitan cocok menjadi lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia. Kawasan industri ini memenuhi kriteria kami dalam hal ukuran, kedekatan, lingkungan, dan persyaratan infrastruktur," ungkap Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao.

PLN Borong 10 Ribu Mobil Listrik BYD buat Kendaraan Operasional

BYD bakal mendirikan fasilitas produksi di area Fase 2 Subang Smartpolitan dengan luas lahan 108 hektare. Serah terima lahan akan dilakukan pada Agustus mendatang. Pabrik ini, menurut rencana BYD, akan beroperasi pada Januari 2026.

Kawasan Industri Subang Smartpolitan terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional. Lokasi ini bisa diakses melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89 yang sedang dalam tahap pengembangan. Subang Smartpolitan juga dekat dengan Jalan Tol Akses Patimban yang terhubung ke Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Jalan Tol Trans-Jawa.

“Kami sangat antusias menyambut kehadiran BYD di Subang Smartpolitan. Hal ini membuktikan bahwa infrastruktur kawasan industri ini sesuai dan dapat mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik,” ujar Abednego Purnomo, VP Penjualan, Pemasaran, dan Hubungan Penyewa, Subang Smartpolitan.

Pihak BYD optimis, investasi ini tidak hanya akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru dan membangkitkan perekonomian komunitas sekitar, tetapi juga meningkatkan transfer teknologi dan keahlian dalam pembuatan EV. Potensi tersebut akan mendorong pertumbuhan industri pendukung di sektor EV dan membuka peluang baru bagi perusahaan lokal untuk terlibat dalam rantai pasok global EV.

BYD Umumkan Harga Mobil Listriknya di Indonesia, Termurah Rp425 Juta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini