PLN Borong 10 Ribu Mobil Listrik BYD buat Kendaraan Operasional

PLN Borong 10 Ribu Mobil Listrik BYD buat Kendaraan Operasional
info gambar utama

PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) memesan 10 ribu unit mobil listrik dari pabrikan otomotif asal China, PT Build Your Dream (BYD) Motor Indonesia, untuk dijadikan kendaraan operasional. Pengadaan mobil listrik itu akan berlangsung selama lima tahun dan didukung oleh jaringan dealer di seluruh Indonesia.

Kerja sama ini tertuang dalam Head of Agreement pengembangan ekosistem kendaraan listrik di indonesia. Direktur utama kedua pihak telah meneken dokumen tersebut di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Selain penyediaan 10 ribu mobil listrik, PT PLN dan BYD juga bekerja sama untuk menyediakan layanan pengisian daya kendaraan listrik atau home charging. Kolaborasi ini sebetulnya telah disepakati dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, pada Minggu (25/2) lalu.

"Kami yakin kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," tutur Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, dalam konferensi pers, dikutip dari Antara.

BYD Umumkan Harga Mobil Listriknya di Indonesia, Termurah Rp425 Juta

Ari kemudian mengungkapkan bahwa 10 ribu mobil listrik itu akan disalurkan ke seluruh kantor cabang PLN. Menurutnya, kolaborasi dengan BYD menjadi langkah penting dalam mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

“Untuk operasional kantor, sampai di kantor cabang nantinya. PLN punya 1.000 lebih kantor cabang, dan secara bertahap PLN ingin melakukan refresh produk yang ada saat ini dengan pakai mobil BYD,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle, tapi juga dengan ekosistem yang dapat mempermudah ketersediaan unit kendaraan listrik bagi banyak pihak.

"Kolaborasi ini akan memungkinkan kami menggenapi visi untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia," tandasnya.

BYD Masuk RI Bawa Investasi Rp20 Triliun, Lirik Potensi Baterai Nikel

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini