Dari yang Unik hingga Eksotis, Ini Dia 8 Hewan Huruf R yang Mengagumkan

Dari yang Unik hingga Eksotis, Ini Dia 8 Hewan Huruf R yang Mengagumkan
info gambar utama

Dari sekian banyak hewan yang tersebar di penjuru bumi, terdapat beberapa yang memiliki nama yang dimulai dengan huruf r. Dan siapa sangka, sederet hewan huruf r ini memiliki pesona dan keunikan yang mengagumkan. Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak ulasan berikut hingga selesai!

Rusa

rusa - hewan huruf r
info gambar

Rusa merupakan salah satu jenis mamalia yang kerap ditemukan di hutan dan juga padang rumput. Hewan bernama latin Cervidae ini memiliki bentuk tubuh yang besar dengan kaki yang panjang dan ramping. Salah satu ciri khasnya sendiri terletak pada bagian tanduknya, yang mana pada rusa jantan digunakan dalam hal perkelahian untuk memperebutkan wilayah atau betina.

Baca juga : Uniknya Rusa Bawean, Hewan Endemik Mungil dan Pemalu dari Gresik

Rangkong

rangkong - hewan huruf r
info gambar

Pada dasarnya, Rangkong atau Bucerotidae merupakan jenis burung berparuh besar yang hidup di hutan-hutan tropis, terutama di Asia Tenggara. Ciri khas Rangkong yakni memiliki struktur tambahan berupa balung atau Casque yang mana letaknya ada di bagian atas paruhnya. Kegunaan balung ini yakni sebagai ruang dengung untuk menguatkan suara panggilan dan dijadikan sebagai alat untuk menyeimbangkan tubuh saat terbang.

Baca juga : Kosmologi Burung Rangkong Sebagai Penghubung Roh Manusia ke Surga

Rajawali

Rajawali merupakan sebutan bagi kelompok burung elang yang masuk ke dalam upafamilia Aquilinae. Terdiri dari tiga spesies yakni Rajawali Totol, Rajawali Kuskus dan Rajawali Papua, burung yang satu ini merupakan pemangsa yang kuat dan memiliki penglihatan tajam.

Rajawali biasanya tinggal di daerah pegunungan atau padang rumput terbuka. Selain itu, rajawali dikenal juga sebagai predator yang tangguh dan mampu menangkap mangsanya dengan cepat.

Rubah

rubah - hewan huruf r
info gambar

Hewan bernama latin Vulpes vulpes ini masih termasuk dalam keluarga Canidae (anjing) ini memiliki tubuh yang ramping dengan moncong runcing dan ekor berbulu tebal. Perlu Kawan ketahui juga bahwa hewan huruf r ini sering dijumpai di berbagai habitat seperti hutan, padang rumput, dan bahkan di daerah perkotaan. Umumnya, rubah aktif pada malam hari dan menjadi hewan pemburu yang begitu gesit dalam memburu mangsanya.

Rayap

Sebagai serangga yang dianggap sebagai hama karena merusak benda-benda berbahan kayu, rayap memiliki tubuh berwarna putih kekuningan. Biasanya, rayap ditemukan di tempat yang gelap, lembap, dan yang terdapat unsur kayu maupun tanah. Pada habitatnya, hewan bernama latin Isoptera ini sering hidup dalam koloni besar dan dapat merusak struktur kayu secara signifikan.

Rakun

Rakun atau Procyon merupakan mamalia asal Amerika Utara yang dikenal dengan ciri khasnya, yaitu memiliki topeng wajah berwarna hitam di sekitar mata dan ekor yang bergaris-garis. Di samping itu, salah satu hewan huruf r ini merupakan spesies yang sangat adaptif dan dapat ditemui di berbagai habitat, mulai dari hutan sampai daerah perkotaan.

Raja Udang

Bernama latin Alcedines, raja udang merupakan jenis burung yang mempunyai kebiasaan memakan ikan. Biasanya, raja udang hidup di sekitar sungai atau kolam, tempat di mana hewan ini dapat dengan mudah menangkap mangsanya. Karakteristik raja udang ini terletak pada paruh panjang dan runcing yang dimilikinya untuk menangkap ikan serta bulunya yang berwarna indah.

Robin

Kerap dikenal juga dengan American Robin, Erithacus rubecula merupakan jenis burung kicau yang berasal dari Amerika Utara. Ciri khas burung imut satu ini terletak pada bagian dadanya yang berwarna kemerah-merahan, yang mana kerap disertai dengan pola yang mencolok. Robin merupakan jenis burung yang sering bermigrasi antar musim untuk mencari sumber makanan.

Itu dia 8 hewan berawalan huruf r yang tentunya unik dan mengagumkan. Kedelapan hewan tadi tentu mampu memberikan gambaran tentang keanekaragaman alam. Setiap hewan huruf r ini juga pastinya memiliki peran yang begitu penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Untuk itu, dengan mengetahui penjelasan kali ini mari jaga dan hargai keberadaan hewan-hewan ini sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan!

Sumber:
https://www.gramedia.com/best-seller/daftar-nama-hewan-dari-r/#7_Raja_Udang
https://kumparan.com/ragam-info/13-nama-hewan-dari-r-dan-penjelasan-singkatnya-22d5b6qqaLp/4
https://www.orami.co.id/magazine/hewan-dari-huruf-r?page=1
https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/wesianatirta/nama-hewan-dari-huruf-r-wajib-kenalkan-pada-anak?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini