Kenalan sama Keripik Getas nya Gresik, Camilan Berbahan Dasar Kelapa

Kenalan sama Keripik Getas nya Gresik, Camilan Berbahan Dasar Kelapa
info gambar utama

Apakah Kawan pernah mencoba keripik tebal berwarna kuning dengan rasa autentik kelapanya yang nikmat? Kenalandulusama keripik getas khas Kota Gresik!

Keripik getas merupakan snack populer autentik khas Gresik. Camilan ini terbuat dari campuran tepung beras, telur, dan santan kelapa, yang memberinya rasa dan tekstur yang unik.

Camilan ini terkenal karena renyah dan penuh rasa dengan aroma yang khas. Biasanya dijual dalam berbagai ukuran, termasuk kemasan 1 kg dan 3 kg, tentunya dapat ditemukan saat Kawan berada di wilayah Gresik!

Keripik getas Gresik merupakan bagian dari warisan kuliner tradisional khas Gresik selain jenang Jebung! Penamaan "Getas" terkait dengan kata "getas" sendiri yang berarti "kering" dalam bahasa Jawa, menggambarkan tekstur renyah dan kering dari camilan ini.

Dan ya, sesuai dengan namanya, keripik getas Gresik memiliki tekstur yang renyah dan gurih yang menggugah selera.

Baca Juga: Keripik Apel - Camilan Sehat Khas Malang yang Kaya Akan Manfaat Buat Tubuh

Cara Pembuatan Keripik Getas

Kawan pasti kepo, kan, bagaimana keripik ini dibuat hingga menjadi kudapan ringan yang autentik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keripik ini merupakan camilan yang terbuat dari campuran tepung beras, telur, dan santan kelapa.

Nah, proses pembuatannya dimulai dengan mencampurkan tepung beras, garam, dan kuning telur dalam sebuah wadah, kemudian dituangi dengan santan kental secara perlahan sambil diaduk hingga adonan merata.

Selanjutnya, adonan diulen hingga kalis. Jika diperlukan, tambahkan sedikit tepung beras untuk mendapatkan konsistensi yang tepat. Setelah itu, sebagian adonan dibentuk menjadi lonjong, kemudian dipotong-potong menjadi irisan yang lebih kecil.

Adonan tersebut kemudian digoreng dengan api kecil hingga matang dan berwarna keemasan agar dapat memastikan bahwa bagian dalamnya juga matang renyah.

Setelah matang, keripik getas ditiriskan dan didinginkan sebelum disimpan dalam toples agar tetap lezat saat disantap.

Baca Juga: Keripik Singkong Renyah dan Lezat dari UMKM Bu Daimu

Pengaruh lingkungan perkebunan terhadap produksi Kelapa

Melihat aneka ragam jajanan khususnya Kota Gresik yang memakai kelapa sebagai bahan utama. Pastinya tidak luput dari pengaruh lingkungan perkebunan kelapa yang saat ini menjadi perhatian.

Perlu Kawan ketahui, Produksi kelapa di Gresik memiliki peran penting dalam pasokan bahan makanan, termasuk dalam pembuatan keripik getas Gresik sendiri, lho. Kelapa digunakan sebagai bahan utama untuk menghasilkan santan, yang kemudian menjadi bagian integral dalam proses pembuatan keripik getas khas Kota Gresik.

Data dari BPS Kabupaten Gresik menunjukkan bahwa produksi tanaman perkebunan, termasuk kelapa, di Gresik mencapai 1.234,3 ton pada tahun 2018.

Tentunya Kawan GNFI juga bertanya-tanya, dong. Apakah jumlah tersebut masih aman digunakan dalam produksi bahan makanan berbahan dasar kelapa dalam sehari-hari? Jawabannya, tentu!

Jumlah produksi kelapa ini masih dalam batas yang aman dan stabil untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan sehari-hari yang mengandung kelapa, lho. Tentunya dengan mengandalkan sektor lingkungan Indonesia yang beriklim tropis.

Sehingga tanaman seperti pohon kelapa masih dapat dimanfaatkan dalam produksi bahan baku sehari-hari.

Baca Juga: Cara Membuat Keripik Tempe Sagu yang Renyah

Hal ini tidak lepas pula dari bagaimana Kawan melestarikan pohon kelapa dengan menjaga ekosistem pantai sekitar.

Pastikan Kawan selalu menjaga lingkungan tropis yang indah ini. Kawan menjaga ekosistem pantai dengan berbagai cara, seperti melakukan penanaman pohon bakau sebagai benteng alami untuk melindungi pantai dari abrasi dan badai.

Kawan dapat juga menggalakkan praktik pengelolaan sampah yang ramah lingkungan untuk mencegah polusi di wilayah pesisir.

Selain itu, Kawan juga melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai bagi keberlangsungan hidup pohon kelapa dan spesies lainnya yang bergantung pada pantai sebagai habitatnya.

Agar dampak yang tidak diinginkan tidak terjadi dan produksi bahan makanan dan camilan autentik daerah juga terjaga satu sama lain.

(https://gresikkab.bps.go.id/statictable/2020/06/07/139/produksi-tanaman-perkebunan-menurut-kecamatan-dan-jenis-tanaman-di-kabupaten-gresik-2018-ton-.html)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini