Khasiat Lempuyang, Bahan Jamu yang Bunganya Dijadikan Shampo Alami

Khasiat Lempuyang, Bahan Jamu yang Bunganya Dijadikan Shampo Alami
info gambar utama

Bunga lempuyang terkenal sebagai shampo alami yang digunakan oleh sebagian warga Indonesia. Tanaman yang menghasilkan shampo alami diketahui adalah lempuyang (Zingiber zerumbel) atau dikenal juga sebagai jahe pahit.

Dilansir dari Planet Natural, nama populer dari tanaman ini adalah wild ginger (Inggris), shampo plant atau shampo ginger (Amerika), bunglei (Malaysia) demikian dilansir dari jurnal EduMatSains pada 2 Januari 2018 lalu dengan judul Botani dan Bioaktivitas Lempuyang.

Mengenal Bambu Jepang, Tanaman Unik yang Bisa Kurangi Polusi Udara

Dari Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit oleh Redaksi AgroMedia menyebutkan di Indonesia nama lempuyang juga dikenal sebagai lempuyang gajah, lemputang kebo, bengle, panglay, lempuyang kapur.

Lempuyang diduga merupakan tanaman asli India, tetapi telah dibudidayakan di Sri Lanka, China dan nyaris di seluruh negara Asia Tenggara. Lempuyang ada 3 varietas yakni lempuyang pahit, lempuyang wangi, dan lempuyang gajah.

Bisa diperas jadi shampo

Dinukil dari BBC, tanaman yang bunganya berbentuk seperti bunga pinus dengan warna kemerahan ini bisa diperas. Cairan yang akan dikeluarkan berwarna bening, licin, berbau sedikit harum jahe yang bisa digunakan untuk shampo.

Khasiatnya sebagai shampo bisa memberikan efek halus ke rambut. Dimuat dari The Beauty Inside Out, kandungan antioksidan pada lempuyang dapat digunakan sebagai anti ketombe dan merawat kulit kepala.

Anggrek Kantong Semar, Tanaman Unik Endemik Jawa Timur

Karena bunga dari tanaman lempuyang ini dapat diperas, maka habitatnya biasanya dijumpai di tempat-tempat yang lembab cenderung basah seperti: dekat sungai, air terjun, dan sumber-sumber air lainnya.

Manfaat lain

Bukan hanya untuk shampo dan kondisioner alami, lempuyang juga memiliki banyak manfaat lainnya. Di Indonesia tanaman lempuyang lazim dimanfaatkan rimpang atau akarnya sebagai obat atau bahan jamu.

Dimuat dari buku Pintar Tanaman Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit oleh Redaksi AgroMedia menyebutkan tanaman ini memiliki kandungan kimia seperti kurkumin, sineol, dipenten, limonen, humulen, zerumbon.

Tumbuhan Langka dari Sulawesi, Getahnya Mengandung Banyak Nikel

Karena kandungan kimia yang cukup banyak membuat lempuyang bisa dimanfaatkan sebagai:

  1. Obat batu ginjal
  2. Obat disentri
  3. Obat kejang pada anak
  4. Obat mencret
  5. Membangkitkan nafsu makan
  6. Sebagai penyegar
  7. Obat sakit kuning
  8. Obat sakit kulit
  9. Obat selesma
  10. antikanker

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini