Mengenal Bambu Jepang, Tanaman Unik yang Bisa Kurangi Polusi Udara

Mengenal Bambu Jepang, Tanaman Unik yang Bisa Kurangi Polusi Udara
info gambar utama

Bambu jepang atau yang dikenal dengan nama Dracaena Surculosa merupakan tanaman hias yang masuk ke dalam keluarga Asparagaceae. Selain bentuknya unik, manfaat tanaman hias yang satu ini dapat mengontrol kelembapan udara.

Tanaman hias ini dapat hidup di kawasan subtropis dan hutan hujan tropis. Umumnya, bambu jepang akan menghasilkan daun yang hijau dan berkilau ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Anggrek Kantong Semar, Tanaman Unik Endemik Jawa Timur

Dimuat dari CNN Indonesia, bentuk yang kokoh dan kuat membuat banyak orang menggunakan bambu Jepang untuk pagar alami. Bambu jepang adalah tanaman bambu dengan batang yang lebih kecil.

Tumbuhan ini memiliki daun hijau tua yang mengkilap. Karakteristik bambu jepang memiliki pelepah batang dan rimpang yang kuat. Saat ditata dengan rapi tanaman bambu jepang bisa menjadi pagar alami di rumah, taman, atau kebun.

Manfaat bambu jepang

Pada umumnya, bambu jepang bermanfaat sebagai tanaman hias yang tumbuh dengan baik di dalam rumah. Oleh karenanya, menjadikan bambu jepang sebagai tanaman hias indoor adalah pilihan yang tepat.

Dimuat dari Balcony garden web, manfaat tanaman hias bambu jepang dapat mengurangi bahkan menghilangkan polutan seperti Volatile Organic Compounds atau VOCs dan gas beracun yang berbahaya.

Selain itu, manfaat tanaman hias yang satu ini juga berdampak pada berkurangnya formaldehida, benzena, trikloroetilen, dan karbon dioksida yang membuat udara dalam rumah tetap bersih dari polutan apapun.

Tumbuhan Langka dari Sulawesi, Getahnya Mengandung Banyak Nikel

Jika diabadikan, hal itu bisa berdampak pada masalah kesehatan tubuh seperti sakit kepala, pernafasan, anemia, ginjal, kanker, dan masih banyak lagi. Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan konsentrasi dan mempertajam fokus.

Merawat bambu jepang

Sebagai tanaman kecil yang mudah perawatannya, Anda perlu meletakkannya pada area yang cukup lembab. Anda juga wajib membersihkannya dengan menyiram secara berkala untuk menghilangkan debu yang menempel.

Selain itu, Anda juga perlu membuang daun yang pucat atau daun yang tidak senada dengan warna daun lainnya agar tampak rapi. Sebaiknya juga memangkas batang-batang yang tua untuk meremajakan pertumbuhan pada tanaman hias.

Selama ini salah sebut, Rafflesia Arnoldii ternyata bukan bunga bangkai

Dimuat dari laman Plants Rescue, sebaiknya juga bambu jepang diletakan pada kondisi cahaya yang baik dengan tidak ditempatkan di bawah sinar matahari langsung. Hal itu bertujuan untuk dapat membantu variegasi daun agar tetap kuat.

Selain cahaya matahari, suhu udara juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dari bambu jepang. Suhu yang dibutuhkan pada saat musim dingin adalah sekitar 10 derajat celcius. Sementara pada musim panas diperlukan suhu yang sedang dan tidak terlalu panas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini