RI Peringkat ke-10 Destinasi Wisata Terpopuler di Dunia Versi Mastercard

RI Peringkat ke-10 Destinasi Wisata Terpopuler di Dunia Versi Mastercard
info gambar utama

Indonesia menempati posisi ke-10 dalam daftar Trending Tourism Destinations atau destinasi wisata terpopuler di dunia versi Mastercard Economics Institute (MEI) yang dirilis Kamis (16/5/2024). RI mewakili kawasan Asia Tenggara bersama Malaysia yang berada di peringkat keenam, sedangkan posisi puncak dipegang oleh Jepang yang menyambut 3 juta lebih kedatangan internasional dan memecahkan rekor pada Maret 2024.

Menurut laporan berjudul Travel Trends 2024: Breaking Boundaries, MEI juga meletakkan Bali di urutan keenam dalam daftar 10 destinasi musim panas terpopuler sepanjang Juni—Agustus 2024. Daftar tersebut dimenangkan oleh Munich, Jerman, yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola UEFA EURO tahun ini.

Kepala Ekonom Master Card Asia-Pasifik David Mann mengatakan, konsumen di Asia-Pasifik memiliki keinginan kuat untuk bepergian dan memastikan mereka mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Meski nilai tukar fluktuatif, tetap saja industri pelayaran dan penerbangan global mencetak rekor pengeluaran pada tahun ini.

Berwisata ke Pura Tirta Empul, Tempat Mata Air Paling Suci di Bali

"Dalam perekonomian saat ini, nilai tukar mata uang asing dan daya beli menjadi komponen penting dalam mendorong penilaian wisatawan ketika mereka membuat rencana perjalanan," ujar David dalam keterangan tertulis.

MEI menjelaskan, wisatawan yang tahun ini berlibur di Asia-Pasifik—tidak termasuk Australia dan Selandia Baru—memperpanjang perjalanan mereka rata-rata 2 hari menjadi total durasi 7,4 hari. Mereka biasanya termotivasi oleh keterjangkauan tujuan, cuaca hangat, dan nilai tukar yang menguntungkan. Ini lebih lama daripada rata-rata 2019 sebesar 6,1 hari per perjalanan.

Peningkatan durasi perjalanan terpanjang wisatawan di Asia-Pasifik pada 2019—2024 antara lain: India (+2 hari), Vietnam (+2 hari), Indonesia (+1,9 hari), dan Jepang (+1,4 hari). Hal ini disebabkan pertumbuhan harga hotel lebih rendah selama periode ini bila dibandingkan dengan pasar lain.

Pantai Gandoriah, Wisata Eksotis Di Kota Pariaman Sumatera Barat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini