Yadea Bangun Pabrik Motor Listrik di Karawang Rp2,4 Triliun, Terbesar se-ASEAN

Yadea Bangun Pabrik Motor Listrik di Karawang Rp2,4 Triliun, Terbesar se-ASEAN
info gambar utama

Produsen motor listrik terbaik asal China, PT Yadea Teknologi Indonesia, membangun fasilitas produksi kedelapan di Kawasan Surya Cipta, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat. Proyek Yadea Manufacturing Plant akan menelan investasi sebesar 150 juta dolar AS atau setara Rp2,4 triliun dari tahun ini hingga 2028.

Yadea mengeklaim, pabrik di Karawang akan menjadi pabrik mereka yang terbesar se-Asia Tenggara dengan kapasitas produksi 3 juta unit per tahun dan berdiri di lahan seluas 27 hektare. Fasilitas tersebut dijadwalkan beroperasi pada 2026.

“Permintaan kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi di Indonesia tumbuh pesat. Hal ini menunjukkan potensi pasar yang luar biasa." kata General Manager Yadea Indonesia Manufacturing Company, Wang Jinlong, saat peletakan batu pertama di Karawang, Senin (13/5/2024).

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Mewah berkat Bawa Timnas U-23 ke Semifinal

Pabrik baru Yadea di Karawang bakal terinegrasi teknologi mutakhir yang menampilkan sistem konveyor gantung perintis untuk produksi real-time sesuai permintaan. Fasilitas ini dilengkapi jalur perakitan otomatis dan pengelasan robot untuk memastikan manufaktur yang cepat dan efisien, sehingga menghasilkan sepeda motor listrik dalam rata-rata 40 detik. Sistem konveyor otomatis itu mampu meminimalisasi risiko transportasi, sedangkan pemeriksaan 100 persen cermat sebelum pengiriman dapat memastikan hanya produk terbaik yang menjangkau pelanggan.

“Yadea Manufacturing Plant tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar dalam kendaraan roda dua listrik di Indonesia, tetapi juga menginspirasi gerakan menuju solusi perjalanan yang lebih hijau,” sambung Wang.

Yadea dalam keterangan tertulis menyatakan, pabrik baru di Karawang tidak hanya akan melayani pasar domestik, tetapi juga mengekspor produk ke negara tetangga. Pabrik ini dibangun untuk menyediakan solusi kendaraan listrik kelas dunia bagi masyarakat Indonesia, memanfaatkan teknologi inovatif yang memenuhi dan melampaui standar keselamatan serta kualitas.

“Nanti diperkirakan bakal menciptakan lebih dari 3.000 lapangan kerja baru. Selain itu, Yadea juga akan aktif melatih tenaga lokal baru bersama-sama mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan di sini,” tutup Wang.

Sunra asal China Bangun Pabrik Motor Listrik di Kendal Bernilai Rp1,9 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini