Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai di Bali Siap Jadi Bintang World Water Forum ke-10

Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai di Bali Siap Jadi Bintang World Water Forum ke-10
info gambar utama

Ada banyak destinasi wisata yang memiliki daya tarik dan menjadi unggulan di Bali. Beberapa di antaranya bahkan melejit sebagai destinasi yang ramai diperbincangkan dan mendapat sorotan dunia.

Salah satu destinasi wisata di Bali yang menjadi bintang tersebut adalah kawasan hutan mangrove Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, yang berlokasi di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Kawasan ini sempat menjadi buah bibir saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15—16 November 2022. Para kepala negara yang hadir secara bersama-sama melakukan penanaman mangrove.

Terkait dengan perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 pada 18—25 Mei 2024 di Bali, taman mangrove ini masuk dalam destinasi yang akan dikunjungi oleh para tamu undangan dari berbagai negara.

Tahura Ngurah Rai, Melihat Vegetasi Bakau di Bali

Sekilas Tahura Ngurah Rai

Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai merupakan kawasan hutan air payau, termasuk dalam kategori destinasi wisata alam. Genangan di kawasan ini berasal dari pasang surut air.

Luas kawasan ini sekitar 1.375 hektare, lokasinya tak jauh dari pantai Tanjung Benoa. Posisinya unik, sebab terletak di dua daerah, yakni Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Taman ini tentu saja didominasi oleh tanaman bakau atau mangrove. Keunggulan tanaman ini adalah mampu menahan terjadinya abrasi serta berfungsi menjaga keseimbangan ekosistem.

Ada berbagai jenis tanaman mangrove di sini, di dominasi pidada putih (Soneratia alba). Menurut data yang terpublikasi, terdapat tidak kurang dari 33 jenis mangrove yang mendiami kawasan ini.

Selain sebagai destinasi wisata, kawasan ini juga menjadi destinasi edukasi. Tersedia informasi tentang berbagai jenis mangrove, manfaat mangrove bagi lingkungan, konservasi mangrove, dan pengetahuan lainnya.

Tahura Ngurah Rai memiliki fungsi yang sangat penting berdasarkan aspek ekologis dan sosial. Secara ekologis, menahan abrasi terhadap pantai Bali. Hutan mangrove di kawasan ini mampu meredam gelombang dan menahan erosi tanah.

Secara sosial, taman mangrove di sini berfungsi sebagai sumber air baku. PDAM Kabupaten Badung mengelola air baku ini untuk kebutuhan kawasan meliputi Kuta, Nusa Dua, dan Tanjung Benoa.

Mengenal Fungsi Tahura dan Perbedaannya dari Cagar Alam dan Taman Wisata Alam

Penanaman Mangrove Delegasi WWF

Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai ini akan kembali memeroleh momentumnya sehubungan dengan pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Kawasan ini akan dikunjungi para delegasi, yang akan melakukan penanaman mangrove.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan penataan kawasan ini sebelum rangkaian kegiatan Forum Air Dunia dimulai.

Kawasan mangrove ini telah dibenahi dan nanti akan ada kegiatan penanaman mangrove. Dalam siaran pers yang dirilis Tim Komunikasi dan Media World Water Forum ke-10 yang mengutip informasi Menteri PUPR di Jakarta (15/5/2024).

RI Pamerkan Kesiapan Hospitality dan Kekayaan Budaya di 10th World Water Forum

Bali Ramah Lingkungan

Selaras dengan pembenahan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa Bali selaku tuan rumah, akan menampilkan wajah ramah lingkungan.

Hal ini mampu dicapai melalui pembenahan infrastruktur kawasan serta penghijauan yang dilakukan secara masif. Selain itu, telah pula dibangun fasilitas pembibitan dan persemaian mangrove.

Fasilitas tersebut termasuk tiga bangunan dengan peruntukkan khusus, yakni production house area untuk pembibitan, germination house area untuk pengembangan bibit sampai jadi tunas, dan open growth area bagi mangrove dengan ketinggian 30—50 cm.

Sebagai informasi, pembenahan Tahura Ngurah Rai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Dilakukan bersamaan pada saat presiden meresmikan Bendungan Danu Kerthi Tamblang di Kabupaten Buleleng awal Februari 2023 lalu.

  • Sumber:
    https://media.worldwaterforum.org/id/contents/siaran-pers-660047517afb1/siaran-pers-world-water-forum-ke-10-tahura-ngurah-rai-siap-dikunjungi-delegasi-world-water-forum-ke-10-664554e1e9032
  • https://www.tanjungbenoa.co.id/taman-hutan-raya-tahura-ngurah-rai/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini