7 Hewan Huruf A yang Mungkin Belum Kamu Tahu

7 Hewan Huruf A yang Mungkin Belum Kamu Tahu
info gambar utama

Tahukah Kawan? Bumi kita dihuni oleh jutaan spesies hewan yang luar biasa. Dari yang mungil dan menggemaskan hingga raksasa yang memesona, setiap hewan memiliki keunikan dan kisahnya sendiri.

Keanekaragaman fauna ini tak hanya terbatas pada hewan-hewan yang familiar di telinga kita. Di balik huruf A, terdapat banyak spesies unik yang jarang diketahui orang. Hewan-hewan ini memiliki pesona dan keunikannya masing-masing. Berikut daftar dan penjelasan dari hewan huruf A.

Aye-Aye

Hewan huruf A - aye aye (Daubentonia madagascariensis)
info gambar

Di Pulau Madagaskar, terdapat primata nokturnal terbesar di dunia yang dikenal dengan nama aye-aye (Daubentonia madagascariensis). Aye-aye menghabiskan waktunya di atas pepohonan hutan hujan dan jarang turun ke tanah. Mereka aktif di malam hari dan menghabiskan siang hari dengan meringkuk di sarang berbentuk bola yang terbuat dari daun dan ranting pohon.

Sayangnya, aye-aye dianggap sebagai hewan pembawa sial oleh sebagian besar masyarakat Madagaskar. Hal ini menyebabkan perburuan liar yang mengancam keberadaan mereka.

Armadillo

hewan huruf a - armadillo
info gambar

Armadillo (berasal dari bahasa Spanyol yang berarti "yang kecil berlapis baja") adalah mamalia yang termasuk dalam ordo Cingulata. Mereka termasuk dalam superordo Xenarthra, bersama dengan trenggiling dan sloth. Semua spesies armadillo berasal dari Amerika, dan mereka menghuni berbagai macam lingkungan yang berbeda.

Armadillo yang masih hidup saat ini memiliki ciri khas berupa tempurung pelindung yang liat dan cakar panjang yang tajam untuk menggali. Kaki mereka pendek, tetapi mereka bisa bergerak cukup cepat. Panjang rata-rata armadillo sekitar 75 cm (30 inci), termasuk ekornya.

Alpaka

hewan huruf a - alpaka
info gambar

Alpaka (Lama pacos) adalah mamalia dari keluarga unta yang berasal dari Amerika Selatan. Mereka sering disamakan dengan llama, namun ukuran alpaka biasanya lebih kecil. Meskipun demikian, kedua hewan ini masih berkerabat dekat dan dapat kawin silang. Alpaka diyakini didomestikasi dari kerabat liarnya, yaitu vicuña dan guanaco. Ada dua ras alpaka yang dikenal, yaitu Suri dan Huacaya.

Bulu alpaka sering kali diambil bulunya, lho. Serat alpaka digunakan untuk membuat berbagai barang rajutan dan tenunan, mirip dengan wol domba, seperti selimut, sweater, topi, sarung tangan, syal, berbagai tekstil, dan ponco

Anoa

dok. Bali Safari and Marine Park/Anoa

Anoa (Bubalus sp.), atau yang dikenal juga sebagai kerbau kenit, adalah hewan endemik yang hanya dapat ditemukan di Pulau Sulawesi dan Buton. Hewan ini sering kali disebut kerbau kerdil karena ukurannya yang kecil.

Sebagai salah satu satwa endemik Sulawesi, anoa menjadi ciri khas Pulau Sulawesi dan dilindungi di Kawasan Hutan Lindung Desa Sangginora, Kabupaten Poso. Anoa tergolong satwa liar yang langka dan dilindungi oleh Undang-Undang di Indonesia sejak tahun 1931, dan statusnya diperkuat dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999.

Baca juga : Keistimewaan Anoa Sebagai Hewan Endemik Berstatus Spesies Kunci di Alam Sulawesi

Anakonda

Anaconda atau boa air adalah kelompok boa besar dari genus Eunectes. Mereka merupakan kelompok ular semi-akuatik yang ditemukan di daerah tropis Amerika Selatan. Saat ini, terdapat tiga hingga lima spesies yang masih hidup dan satu spesies yang telah punah, termasuk salah satu ular terbesar di dunia, E. murinus, atau yang dikenal sebagai anaconda hijau.

Meskipun nama anaconda merujuk pada sekelompok ular, nama ini seringkali digunakan khusus untuk satu spesies saja, yaitu anaconda hijau (Eunectes murinus). Anaconda hijau merupakan ular terbesar di dunia berdasarkan berat badannya, dan terpanjang kedua setelah ular piton.

Arapaima

hewan huruf a - arapaima
info gambar

Arapaima, pirarucu, atau paiche adalah sebutan untuk ikan berlidah tulang yang berukuran besar dari genus Arapaima. Ikan ini berasal dari sungai Amazon dan Essequibo di Amerika Selatan. Genus Arapaima sendiri merupakan genus tipe dari subfamili Arapaiminae dalam famili Osteoglossidae.

Arapaima termasuk salah satu ikan air tawar terbesar di dunia, dengan panjang yang bisa mencapai 3 meter (9,8 kaki). Nama Arapaima dalam bahasa Portugis, yaitu pirarucu, berasal dari bahasa Tupi. "Pira" berarti ikan, sedangkan "urucum" berarti merah. Jadi, pirarucu secara harfiah berarti "ikan merah".

Baca juga : Mengenal Arapaima, Ikan Predator Terbesar Asal Amazon yang Dilarang di Indonesia

Albatros

hewan huruf a - albatross
info gambar

Albatros adalah burung laut besar yang termasuk dalam famili Diomedeidae. Albatros hidup di wilayah Samudra Selatan dan Pasifik Utara. Masuk ke dalam kategori burung terbesar, beberapa spesies dalam genus Diomedea (albatros raksasa) memiliki bentangan sayap terpanjang di antara burung yang masih hidup, mencapai hingga 3,7 meter (12 kaki).

Burung ini dapat terbang dengan cukup cepat. Mereka dapat menempuh jarak jauh dengan sedikit tenaga. Makanan mereka terdiri dari cumi-cumi, ikan, dan krill yang diperoleh dengan cara memulung, menangkap di permukaan air, atau menyelam.

Dari yang mungil dan menggemaskan hingga raksasa yang memesona, setiap hewan berawalan huruf A memiliki keunikannya masing-masing. Semoga artikel ini telah membuka wawasan Kawan tentang betapa luasnya dunia fauna di sekitar kita!

Referensi:
https://www.discoverwildlife.com/animal-facts/animals-starting-with-a
https://alphabetimals.com/animal-dictionary/animals-that-start-with-a/#:~:text=Albatross%2C%20Anaconda%2C%20Anteater%2C%20Antelope,beginning%20with%20the%20letter%20A.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini