Di balik Dibangunnya Tugu Thomas Parr, Kisah Kelam Tewasnya Residen Inggris

Di balik Dibangunnya Tugu Thomas Parr, Kisah Kelam Tewasnya Residen Inggris
info gambar utama

Tugu Thomas Parr yang berada di Bengkulu memiliki cerita tersendiri. Tugu ini dibangun untuk memperingati kematian penguasa Inggris yang dikenal bersifat angkuh. Sehingga menjadi bagian penting untuk sejarah masyarakat Bengkulu.

Dimuat dari Detik, tugu yang terletak di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di subdistrik Kampung China di Kota Bengkulu ini didirikan untuk memperingati Thomas Parr, residen pertama Inggris di Bengkulu yang tewas ditikam dan dipenggal kepalanya pada 23 Desember 1807.

Nasib Lebong Tandai, Desa Penghasil Emas untuk Tugu Monas yang Kini Terisolasi

Thomas Parr dicatat sebagai orang pertama yang memperkenalkan tanaman kopi dengan tanam paksa di Bengkulu. Tetapi dia dikenal sebagai penguasa Inggris yang angkuh dan ganas sehingga dibenci oleh banyak orang.

“Namun, sangat disayangkan dari rencananya itu, banyak pula yang dilanggar sehingga membuat masyarakat Bengkulu kala itu marah, dan membunuh Thomas Parr dengan tragis,” ungkap Iskandar selaku keamanan Benteng Marlborough.

Bentuk bangunan

Dimuat dari laman Kemendikbud, bentuk bangunan seperti tugu ini mempunyai ruangan dengan tiga buah pintu masuk berbentuk setengah lingkaran. Lalu di bagian atasnya ada enam buah pilar yang terdapat di sudut-sudut bangunan berbentuk segi delapan.

Monumen berbentuk tugu ini berdenah segi 8 dan mempunyai tiang berbentuk bulat. Bagian atas tugu mempunyai atap yang berbentuk kubah. Sepasang tiang menancap pada sudut bangunan sehingga membuatnya sangat kokoh.

Kekayaan Seni Budaya Provinsi Bengkulu, Kearifan Lokal yang Terus Dilestarikan

Pintu masuk pada tugu ini terdapat di bagian depan, sisi kanan dan kiri. Bentuk dari pintu masuk ini lengkung sempurna dan tidak mempunyai daun pintu. Pada salah satu dinding di ruang dalam tugu terdapat sebuah prasasti yang kini tidak dapat lagi dilihat.

Untuk menjaga kelestariannya, bagian dalam monumen tidak bisa lagi dimasuki karena telah ditutup dengan pintu jeruji. Hal ini karena tempat ini sering dijadikan lokasi berkumpulnya para pemuda yang tak jarang membuat kerusakan.

Kunjungan wisata

Tugu yang berdiri megah di pusat kota, menjadi landmark penting bagi daerah ini. Monumen ini memiliki nilai sejarah dan simbolis yang tinggi bagi masyarakat Bengkulu. Tugu ini memang menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah Bengkulu.

Tugu Thomas Parr menjadi daya tarik wisata sejarah di Bengkulu. Wisatawan yang datang ke daerah ini sering mengunjungi monumen ini untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah masa lalu dan memahami bagaimana Bengkulu berinteraksi ke dunia internasional.

Benteng Malborough Destinasi Wisata Favorit Pecinta Sejarah

Di sekitar tugu ini, terdapat taman yang indah dan area rekreasi yang menarik untuk dinikmati oleh pengunjung. Wisatawan dapat berjalan-jalan di sekitar taman, bersantai, dan menikmati suasana yang tenang.

Tugu ini juga kerap menjadi tempat acara dan kegiatan budaya yang diadakan oleh pemerintah setempat. Berbagai perayaan dan acara budaya diadakan di sekitar tugu ini, menambah makna dan nilai sejarah bagi menumen ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini