7 Negara dengan Terumbu Karang Terluas di Dunia, Indonesia Masuk Daftar

7 Negara dengan Terumbu Karang Terluas di Dunia, Indonesia Masuk Daftar
info gambar utama

Terumbu karang adalah komunitas hewan karang yang hidup berdampingan dengan alga mikroskopis bernama zooxanthellae. Terumbu karang merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis tumbuhan, hewan laut, dan mikroorganisme yang belum sepenuhnya dipahami.

Pertumbuhan terumbu karang optimal terjadi pada suhu air antara 21 hingga 29 derajat Celsius. Di Indonesia, terumbu karang berkembang dengan baik karena terletak di daerah tropis dengan suhu air laut yang hangat.

Kawan, berikut ini 7 negara dengan terumbu karang terluas di dunia. Indonesia juga masuk daftar!

1. Indonesia

Indonesia, sebagai negara kepulauan, dikenal sebagai surga terumbu karang terkaya dan terluas di dunia. Terumbu karang merupakan salah satu aset maritim Indonesia yang sangat besar potensinya.

Tahukah Kawan, luas perairan Indonesia mencapai 5,8 juta kilometer persegi, yang merupakan dua per tiga dari total luas wilayah Indonesia.

Lindungi Laut, Pemerintah Akan Rehabilitasi Terumbu Karang di Kepri-Maluku

Kecantikan terumbu karang Indonesia tidak hanya menarik bagi para wisatawan, tetapi juga menjadi pusat penelitian dan konservasi. Selain itu, terumbu karang di Indonesia juga menjadi tempat penting untuk penelitian ilmiah dan pendidikan lingkungan.

Berdasarkan laporan dari worldpopulationreview.com, Indonesia dikenal sebagai negara dengan terumbu karang terluas di dunia pada tahun 2024, mencakup area seluas 51.020 kilometer persegi. Luas ini setara dengan 17,95 persen dari total luas terumbu karang di dunia.

Selain itu, Indonesia juga memegang 65 persen dari total luas Coral Triangle (segitiga terumbu karang Asia Pasifik). Wilayah ini, yang membentuk segitiga di perairan Asia Pasifik, mencakup sebagian atau seluruh wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dari enam negara atau CT-6, termasuk Indonesia (bagian tengah dan timur), Timor Leste, Filipina, Malaysia (Sabah), dan Kepulauan Solomon.

Beberapa area di Coral Triangle memiliki lebih dari 75 persen dari semua jenis karang yang ada, 53 persen dari seluruh terumbu karang di dunia (yang mencakup lebih dari 500 spesies), serta lebih dari 3000 jenis ikan. Selain itu, wilayah ini juga memiliki sebaran hutan bakau terbesar di dunia.

2. Australia

Australia, terkenal sebagai tempat di mana Great Barrier Reef berada, memiliki terumbu karang terbesar kedua di dunia. Terumbu karang Australia mencakup area seluas 48.960 kilometer persegi, atau sekitar 17 persen dari total luas terumbu karang global.

Great Barrier Reef, yang terletak di pesisir timur Australia, merupakan rumah bagi beragam kehidupan jenis satwa, termasuk invertebrata, ikan, dan karang. Great Barrier Reef sangat besar sehingga bisa terlihat dari luar angkasa.

3. Filipina

Filipina menduduki peringkat ketiga dalam hal luas terumbu karang. Menyumbang sekitar 8 persen dari total luas terumbu karang dunia, yang mencapai lebih dari 25.000 kilometer persegi. Negara ini menjadi habitat bagi beragam ikan dan kehidupan karang yang hidup di terumbu karangnya.

Kombinasi antara perairan tropis yang hangat dan arus laut yang aktif menjadikan terumbu karang di Filipina menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Rawat dan Jaga Terumbu Karang Selat Madura!

4. Perancis

Meskipun daratan utama Perancis tidak dikenal memiliki terumbu karang yang terkenal, beberapa wilayah seberang laut Perancis memiliki akses ke terumbu karang yang menakjubkan di seluruh dunia. Perancis memiliki 5 persen dari total terumbu karang dunia, yang tersebar di wilayah seluas 14.000 kilometer persegi.

Terumbu karang umumnya ditemukan di perairan hangat daerah tropis, dan wilayah-wilayah seberang laut Perancis seperti Guadeloupe, Martinik, Kaledonia Baru, Clipperton, Mayotte, Polinesia Prancis, serta Kepulauan Wallis dan Futuna menjadi rumah bagi terumbu karang ini.

5. Fiji

Fiji sebagai tujuan wisata yang populer, adalah tempat bagi 3,5 persen dari total terumbu karang dunia. Dengan luas kurang dari 14.000 kilometer persegi, terumbu karang di Fiji sangat berharga bagi para penggemar snorkeling dan penyelam scuba.

Terumbu karang di Fiji menampilkan keanekaragaman terbesar di dunia. Berbagai jenis ikan dan hewan invertebrata mendiami terumbu karang ini sebagai rumah mereka.

6. Maladewa

Dikenal dengan keindahan pantai dan lautnya, tidak mengherankan bahwa Maladewa menjadi rumah bagi beberapa terumbu karang terluas dan paling beragam di dunia. Sekitar 3,14 persen dari total terumbu karang dunia dapat ditemukan di Maladewa, dengan luasnya yang kurang dari 9.000 kilometer persegi.

Banyak dari terumbu karang ini terletak dekat dengan pantai berpasir putih yang menakjubkan, menarik banyak pengunjung dan wisatawan setiap tahunnya.

Pulang untuk Perubahan: Kisah David Hidayat dalam Konservasi Terumbu Karang dan Ekonomi

7. Arab Saudi

Arab Saudi menjadi tempat bagi beberapa terumbu karang yang luar biasa. Dengan luas 6.660 kilometer persegi, terumbu karang ini menyumbang sekitar 2,34 persen dari keseluruhan terumbu karang di dunia. Beberapa spesies ikan khas yang hanya dapat ditemukan di wilayah ini menjadikan terumbu karang sebagai tempat tinggal mereka yang istimewa.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini