Masyarakat Didorong Segera Konversi Kendaraan Listrik, Subsidi Sisa 40%!

Masyarakat Didorong Segera Konversi Kendaraan Listrik, Subsidi Sisa 40%!
info gambar utama

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut subsidi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLB) atau motor listrik hingga pertengahan Mei 2024 telah tersalurkan sebanyak 30.083 atau sekitar 60 persen dari target realisasi yang mencapai 50.000 motor.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif mengatakan bahwa penyaluran bantuan pembelian motor listrik hingga hari ini telah melampaui total penyaluran bantuan di 2023.

“Melihat tren penjualan motor listrik pada periode Januari–Mei 2024, Kementerian Perindustrian menargetkan kuota bantuan pembelian 50.000 unit KBLBB roda dua bisa tercapai pada Agustus atau awal September mendatang,” kata Febri, dikutip dari laman kemenperin.go.id.

Baca juga Sunra asal China Bangun Pabrik Motor Listrik di Kendal Bernilai Rp1,9 Triliun

Mendorong investasi lebih lanjut

Febri menjelaskan, apabila penjualan motor listrik tinggi dan digunakan secara luas oleh masyarakat, maka akan muncul kebutuhan investasi untuk penyediaan stasiun charging, bengkel, aksesoris dan kebutuhan lainnya terkait motor listrik.

Hal itu menurutnya dapat menarik investasi untuk membangun industri pendukung di hulu dan hilir untuk menopang ekosistem motor listrik.

Seperti diketahui, pada tahun 2023, pemerintah menetapkan empat kelompok masyarakat penerima bantuan pembelian motor listrik, yaitu penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), penerima Bantuan Subsidi Upah, serta penerima subsidi listrik 450 hingga 900 VA.

Adapun bantuan pembelian diberikan langsung kepada masyarakat dalam bentuk potongan harga sebesar Rp7 juta dari harga yang tertera. Pengajuan dan penyaluran bantuan ini diberikan melalui Agen Pemegang Merek (APM).

Baca juga Yadea Bangun Pabrik Motor Listrik di Karawang Rp2,4 Triliun, Terbesar se-ASEAN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini