Air Limbah Menjadi Salah Satu Terobosan Energi Terbarukan?

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Air Limbah Menjadi Salah Satu Terobosan Energi Terbarukan?
info gambar utama

Setiap hari, Indonesia menghasilkan volume besar limbah air yang belum diolah dengan baik. Hal ini menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan, seperti pencemaran air dan bau tak sedap. Di sisi lain, Indonesia juga menghadapi krisis energi.

Oleh karena itu, pengolahan limbah air menjadi solusi penting untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut. Salah satu cara memanfaatkan limbah air adalah dengan mengolahnya menjadi energi listrik.

Bukan rahasia lagi bahwa kebutuhan dunia akan energi semakin meningkat namun banyak yang tidak menyadari bahwa sumber energi potensial yang menjanjikan dibuang ke toilet kita setiap hari. Air limbah ini serta sampah organik lainnya dari sumber seperti kebun dan dapur semakin banyak digunakan untuk memanaskan rumah, menyediakan listrik, dan bahkan menggerakkan mobil.

Air limbah adalah air yang terkontaminasi oleh limbah manusia, pertanian, atau industri. Meskipun biasanya dipandang sebagai gangguan, bahan organik yang terkandung dalam air limbah dari sistem pembuangan limbah kita (umumnya dikenal sebagai “lumpur”) dapat menjadi sumber daya yang berharga dengan sistem lumpur menjadi energi.

Ketika sampah organik terurai di lingkungan bebas oksigen misalnya jauh di dalam tempat pembuangan sampah—gas metana akan dilepaskan. Metana ini dapat ditangkap dan digunakan untuk menghasilkan energi, bukan dilepaskan ke atmosfer.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini