Aplikasi Sapawarga, Upaya mewujudkan Provinsi Digital Jawa Barat

Artikel ini milik Indonesiabaik.id dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Aplikasi Sapawarga, Upaya mewujudkan Provinsi Digital Jawa Barat
info gambar utama

Masyarakat Indonesia tengah dituntut untuk dapat beradaptasi dengan transformasi digital yang sedang terjadi. Untuk mendukung hal tersebut, Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil juga turut memiliki cita-cita ingin mewujudkan Jawa Barat sebagai provinsi digital.

Akan tetapi, cukup banyak kendala yang harus dihadapi demi terwujudnya provinsi digital. Seperti yang dikutip dari digitalservice.jabarprov.go.id, kesenjangan digital yang terjadi membuat banyaknya warga di desa yang tidak dapat mengoptimalkan manfaat dari teknologi digital. Maka dari itu, untuk mengatasinya pemerintah Jawa Barat membentuk Jabar Digital Service (JDS), yang salah satu programnya, yaitu Aplikasi Sapawarga.

Aplikasi Sapawarga adalah program yang dibuat oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk menampung seluruh aspirasi, informasi, hingga dapat memberikan pelayanan publik yang lebih cepat dan mudah diakses dalam satu genggaman. Dengan kata lain, aplikasi ini dibuat sebagai wadah warga jabar untuk berinteraksi dengan pemerintah secara online hanya dengan bermodalkan gawai dan internet saja. 

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini